kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Wika Gedung (WEGE) baru meraup 44,54% target kontrak baru tahun ini


Kamis, 17 Oktober 2019 / 19:47 WIB

Wika Gedung (WEGE) baru meraup 44,54% target kontrak baru tahun ini
ILUSTRASI. Wijaya Karya Bangunan Gedung (WEGE) terus mencari proyek guna memenuhi target kontrak baru di tahun ini sebesar Rp 11,9 triliun.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) terus mencari proyek guna memenuhi target kontrak baru di tahun ini sebesar Rp 11,9 triliun. Maklum, hingga kuartal III 2019, WEGE baru mengumpulkan kontrak senilai Rp 5,3 triliun atau 44,54% dari target hingga akhir tahun.

Corporate Secretary Wijaya Karya Bangunan Gedung Bobby Kusuma menyebutkan, proyek baru saja didapatkan berasal dari swasta yakni proyek apartemen. "Nilainya Rp 300 miliar," ujarnya kepada  kontan.co.id , Selasa (15/10).

WEGE masih optimistis target kontrak untuk tahun ini masih dapat dicapai.

Baca Juga: Baru capai 41,63% target kontrak baru, Wijaya Karya masih bidik proyek Rp 35 triliun

Secara rinci, Bobby menyebutkan, dari perolehan kontrak yang telah diraih WEGE, sebesar 61% diantaranya merupakan proyek fasilitas publik seperti proyek UGM, Taman Ismail Marzuki, Jakarta International Stadium (JIS), Bandara Makassar, dan Taman Budaya Gunung Kidul. Selanjutnya 21% berasal dari residensial seperti proyek Apartemen Sun City.

Kemudian, 8% berasal dari proyek komersial seperti proyek Hotel Domestik T3. Terakhir dari perkantoran yang berkontribusi 5% dari proyek Site Office Halim.

"Sisanya proyek yang ditunjang dari bisnis precast, modular, dan konsesi," imbuh Bobby.

Dengan sisa kontrak senilai Rp 6,6 triliun, WEGE membidik beberapa proyek. "WEGE memiliki sasaran proyek yang akan memberikan kontribusi untuk pencapaian kontrak baru 2019 seperti proyek hunian apartemen dan sosial infrastruktur," ujarnya.

Baca Juga: WIKA Gedung Menang Tender Stadion Persija, Ini Rekomendasi Analis untuk Saham WEGE

Sebelumnya, WEGE sendiri kontrak baru dengan nilai yang besar dari proyek JIS senilai Rp 2 triliun. Sekedar mengingatkan, nilai bersih dari proyek tersebut mencapai Rp 4,08 triliun. Hanya saja, karena WEGE memiliki 51% kontrak itu, maka nilai kontrak yang diperoleh sekitar Rp 2 triliun yang merupakan penyumbang terbesar kontrak di semester I lalu.

Dari berbagai proyek tersebut, Bobby menyebutkan proyek JIS, proyek Bandara Makassar, dan proyek Taman Ismail Marzuki merupakan proyek yang saat ini sedang digenjot konstruksinya.

Ia menambahkan dana belanja modal atawa capital expenditure (capex) yang telah terserap sebesar Rp 68 miliar. "Meliputi proyek investasi konsesi, investasi alat, dan teknologi BIM," ujarnya.

Baca Juga: Kalah Tender Proyek Stadion Persija, Adhi Karya (ADHI) Mengajukan Keberatan


Reporter: Sugeng Adji Soenarso
Editor: Komarul Hidayat

Video Pilihan


×