kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WIR Group Bersama Haus! Kembangkan Bisnis di Metaverse


Rabu, 13 Juli 2022 / 22:02 WIB
WIR Group Bersama Haus! Kembangkan Bisnis di Metaverse
Kerja sama antara?WIR Group dengan Haus!


Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT WIR Asia Tbk (WIRG) atau WIR Group, perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Artificial Intelligence (AI), terus melebarkan kerja sama dalam rangka memperkaya ekosistem metaverse yang sedang dikembangkannya. Kali ini, WIR Group menggandeng PT Inspirasi Bisnis Nusantara, perusahaan pemegang merek dagang HAUS! yang bergerak di bidang Food & Beverage (F&B).

Kolaborasi ini dinilai penting guna mewujudkan bisnis UMKM retail yang lebih kompetitif dan inovatif dalam menyasar konsumen dari generasi milenial dan Gen Z di era digital. Nota Kesepahaman untuk kerja sama ini ditandatangani bersama oleh Gufron Syarif, Chief Executive Officer HAUS! dan Gupta Sitorus, Chief Sales and Marketing Officer WIR Group di Jakarta.

Gufron Syarif menyebut, sesuai dengan prinsip Haus! yang selalu relevan dengan perkembangan jaman, maka sudah saatnya Haus! juga mulai merambah ke dunia metaverse. 

Baca Juga: Kolaborasi UBM dan WIR Group Kembangkan Platform Metaverse untuk Dunia Pendidikan

"Kehadiran Haus! di dunia metaverse yang berkembang semakin pesat belakangan ini akan menjadi poin strategis untuk menjadikan Haus! sebagai salah satu pemain industri F&B yang terdepan dalam inovasi," ujar dia dalam siaran pers, Rabu (13/7).

Dalam perjalanan bisnisnya, HAUS! yang sudah memiliki 197 outlet yang tersebar di 18 kota di Pulau Jawa melihat potensi yang sangat besar pada pasar milenial dan Gen Z yang sangat lekat dengan teknologi digital. 

Mengacu pada data Bank Indonesia (BI) tercatat nilai transaksi perbankan digital pada tahun 2021 mencapai Rp 39.841,4 triliun atau tumbuh 45,64% dari tahun sebelumnya. Hal ini jelas menunjukkan bahwa implementasi teknologi digital memiliki potensi yang besar.

Haus! melihat potensi luar biasa dari pasar yang sangat familiar dengan media dan teknologi digital. Oleh karena itu, Haus! mencoba meraih peluang yang ada dengan memadukan kebiasaan generasi muda yang digital-minded dengan selera akan minuman dan makanan kekinian yang terjangkau.

Gufron menambahkan, kehadiran Haus! di metaverse akan mempermudah konsumen maupun masyarakat umum untuk mengenal Haus! lebih dalam. Mereka dapat dengan mudah berkunjung ke outlet Haus! dan mengenal produk tersebut secara personal, tanpa terbatas ruang dan waktu. 

"Ke depannya, kami juga akan meningkatkan engagement kami dengan seluruh masyarakat Indonesia melalui event-event yang akan kami adakan di metaverse," imbuh dia.

Sementara itu, Gupta Sitorus, Chief Sales and Marketing Officer WIR Group mengatakan, pihaknya sangat mendukung hadirnya HAUS! sebagai UMKM rintisan lokal di metaverse. Bergabungnya Haus! ke metaverse merupakan salah satu upaya percepatan transformasi digital UMKM agar mampu beradaptasi dan eksis di era digital. 

Baca Juga: Pendapatan WIR Asia (WIRG) Melaju 109% pada Kuartal I 2022

"Di satu sisi, hal ini akan memperkaya ekosistem metaverse Indonesia, dan di sisi lain dapat mendorong terwujudnya perekonomian digital dan tumbuhnya ekonomi kreatif," tuturnya.

Teknologi digital metaverse menawarkan pengalaman unik bagi pengguna internet, seperti melihat pemandangan, mendengar suara, dan sensasi lainnya namun secara virtual. 

Dengan memanfaatkan platform metaverse, UMKM dapat melakukan interaksi virtual realistik dengan konsumen, bahkan dalam cakupan global dengan bentuk dan format yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Platform metaverse mampu membuka berbagai peluang baru khususnya bagi pengembangan bisnis. Oleh sebab itu, sudah saatnya pelaku UMKM mulai memanfaatkan teknologi agar dapat meningkatkan kemampuan dan daya saing mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×