Wow, harga akik di jalan Sentani meroket Rp 3 juta

Kamis, 16 April 2015 | 13:24 WIB Sumber: Antara
Wow, harga akik di jalan Sentani meroket Rp 3 juta

ILUSTRASI. Pendiri Amazon.com, Inc Jeff Bezos. Ingin Dekat dengan Orang Tua, Jeff Bezos Akan Pulang Kampung di Miami


JAYAPURA. Maraknya penjualan batu akik di pinggiran jalan masuk Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua menyebabkan harga batu akik meroket mencapai Rp3.000.000 per buah.

"Batu akik yang ukuran besar dan memancarkan beberapa warna saya patok harga Rp3.000.000 per buah,"kata Yeto Aplinus di Sentani, Rabu (15/4) kemarin.

Yeto mengatakan, batu akik yang ia dagangkan diperoleh dari beberapa wilayah di Kabupaten Jayapura seperti dari kawasan pegunungan Cyclop, Genyem, Kuwai, dan Yoka.

"Batu akik yang paling banyak saya dapat dari pegunungan Cyclop karena dekat dengan tempat tinggal saya,"tuturnya.

Selain batu akik yang diperoleh dari beberapa wilayah di Kabupaten Jayapura, Aplinus mengaku, Ia juga peroleh dari negara tetangga Papua New Guinea (PNG).

"Kalau batu akik dari PNG saya jual Rp100.000 sampai Rp300.000 per buah, tergantung ukuran masing-masing dan warnanya, kalau satu batu ada beberapa warna itu lebih mahal, walaupun berukuran kecil," katanya.

Harga yang dipatok pedagang batu akik di pinggiran jalan bandara Sentani bervariasi mulai dari harga Rp5.000 sampai jutaan rupiah.

Sementara itu, Nius yang juga pedagang batu akik mengaku, mendapat keuntungan yang besar dari berdagang batu akik.

"Saya biasanya jualan pada pukul 08.00-17.00 WIT keuntungan yang didapat kalau rame mencapai Rp3.000.000,"katanya.

Pemerintah Kabupaten Jayapura berencana untuk membuat tempat khusus penjualan batu akik, sehingga tidak menghalangi pemandangan di jalan masuk Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

"Rencana untuk membangun tempat khusus penjualan batu akik nantinya kami akan bicarakan dengan kepala distrik Kabupaten Jayapura," kata Wakil Bupati Robert Djoenso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru