Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia
JAKARTA. Kemarin, 8 April 2015, menandai lima tahun Xiaomi berkiprah di industri perangkat mobile. Menjelang tanggal tersebut, pabrikan Tiongkok ini gencar menyebar poster elektronik sebagai teaser "Mi Fan Festival". Yakni, pesta Xiaomi meluncurkan produk-produk teranyarnya.
Dilansir KompasTekno, Kamis (9/4) dari Recode, Xiaomi menjual lebih dari 2 juta smartphone dalam 12 jam. Apple Tiongkok ini meraup pendapatan hingga US$ 335 juta AS atau setara Rp 4,3 triliun.
Pendapatan tersebut diboyong dari beberapa negara, yakni Tiongkok, Malaysia, India, dan Indonesia.
Di Indonesia, penjualan ponsel teranyar Xiaomi Redmi 2 menunjukkan minat pasar yang tinggi. Selama sejam, 40.000 unit ponsel itu terjual lewat situs dagang online Lazada. Vice President Xiaomu Global Hugo Barra membeberkan fakta tersebut lewat akun Twitternya @hbarra.
"Mi Fan Festival in Indonesia: 40,000 Redmi 2 out of stock, already our biggest single-day sale ever and not done yet :)" demikian kicau Hugo Barra, kemarin.
Selain smartphone, Xiaomi juga menjual beberapa perangkat elektronik lainnya. Setidaknya ada 38.000 televisi, 200.000 gelang fitnes, dan 247.000 power bank yang terjual dalam festival tahunan tersebut.
Langkah Xiaomi menjual beberapa kategori produk selain smartphone tampaknya menandakan ekspansi vendor tersebut. Mengawali tahun kelimanya, Xiaomi ingin berinovasi dan tak membatasi diri pada ponsel pintar saja.
Saat ini, Xiaomi juga tengah menguji coba beberapa layanannya. Di antaranya mobile wallet yang digadang-gadang bakal menyaingi layanan Alibaba.
Pabrikan smartphone terbesar ketiga tersebut tampaknya siap menghadapi tahun ini dan tahun-tahun berikutnya sebagai saingan kuat vendor lain. (Fatimah Kartini Bohang)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News