kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

XL Axiata Akan Fokuskan 3 Hal Ini Agar Kinerja Perusahaan Tetap Positif


Selasa, 29 Agustus 2023 / 17:01 WIB
XL Axiata Akan Fokuskan 3 Hal Ini Agar Kinerja Perusahaan Tetap Positif
ILUSTRASI. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) gencar membangun jaringan di Nusa Tenggara Timur. KONTAN/Baihaki/24/03/2023


Reporter: Recha Dermawan | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus berpartisipasi dalam mendukung visi pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan nasional melalui pemerataan infrastruktur jaringan telekomunikasi dan data di seluruh Indonesia.

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) gencar membangun jaringan di Nusa Tenggara Timur antara lain dengan penambahan lebih dari 120 BTS 4G hingga ke wilayah pelosok pedesaan serta pulau kecil yang sebelumnya belum terjangkau salah satunya Pulau Alor.

Saat ini jaringan 4G XL Axiata di NTT ditopang oleh lebih dari 850 unit BTS 4G.

Dari total kecamatan yang ada di NTT, sekitar 188 kecamatan di 22 kota/kabupaten atau 60 persen telah terlayani jaringan 4G.

“Dengan tersedianya jaringan 4G di pulau-pulau terpencil tersebut, maka produktivitas masyarakat setempat bisa lebih dipacu," Ucap Regional Group Head East Region XL Axiata, Dodik Ariyanto dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Baca Juga: XL Axiata Proyeksi Kenaikan Trafik Data pada Periode Pemilu Tak Sebesar Momen Lebaran

Tidak hanya itu, kini masyarakat juga bisa menikmati layanan digital, baik pada layanan perbankan, kesehatan, jaminan sosial, hingga pendidikan.

Karena itu, pihaknya selalu bersemangat dalam penyediaan layanan telekomunikasi dan data yang mumpuni untuk masyarakat daerah terpencil agar mereka bisa ikut menikmati hasil pembangunan nasional.

Menurut Dodik, Pulau Alor dan sekitarnya menjadi salah satu target penguatan jaringan 4G di NTT seiring dengan komitmen perusahaan untuk ikut mendorong roda perekonomian di area-area terpencil melalui penyediaan sarana digital dan internet cepat.

Jaringan ini telah beroperasi sejak Oktober 2018. Selain Alor, jaringan 4G XL Axiata juga menjangkau pulau-pulau lain di antaranya Pulau Flores, Sumba, Lembata dan Timor sampai Pulau Rote.

Sementara itu, Head Network Operations XL Axiata Region East, Mochamad Irwan Harahap, mengatakan jaringan XL Axiata di Pulau Alor ditopang oleh 30 unit BTS 4G.

Masing-masing BTS bisa melayani maksimal hingga 400 pelanggan dalam waktu bersamaan dan memiliki daya jangkau dalam radius hingga dua km.

Sejak sudah beroperasi pada bulan Oktober 2018 lalu, trafik layanan data di Pulau Alor terus meningkat. Dalam 2 tahun terakhir trafik meningkat hingga 16 persen.

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan juga gencar membangun jaringan tulang punggung melalui jalur kabel fiber optik di Provinsi NTT, hingga saat ini XL Axiata telah memiliki lebih dari 1.100 km jalur kabel fiber optik yang telah melalui Provinsi NTT termasuk jalur yang melewati Kabupaten Alor.

 

Dengan adanya jaringan XL Axiata di Kabupaten Alor diharapkan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi.

Hingga saat ini jaringan 4G telah hadir di 22 kota/kabupaten, dengan dukungan total lebih dari 850 BTS 4G dari total 1.700 BTS.

Kota/kabupaten yang sudah terlayani jaringan 4G tersebut adalah Alor, Belu, Ende, Flores Timur, Kota Kupang, Kupang, Lembata, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Nagekeo Ngada, Rote Ndao, Sikka, Sumba Barat, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Sabu Raijua, Sumba Barat Daya, Malaka, dan Sumba Tengah.

Head External Communications XL Axiata Henry Wijayanto mengatakan, guna memastikan kinerja perusahaan terus berjalan dengan positif , XL Axiata akan terus fokus pada tiga pilar pertumbuhan, yakni

1. Akan terus meningkatkan penawaran Convergence sesuai dengan visi perusahaan. Convergence XL akan berfokus pada 2 segmen yaitu keluarga dan bisnis. 

o Keluarga: Memberikan konten digital terbaik kepada konsumen lewat partnership dan kemudahan untuk memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan keluarga

o Bisnis: Mengembangkan produk Convergence sebagai solusi terpadu untuk SME 


2. Akan terus mengembangkan infrastruktur jaringan demi mendukung kualitas layanan yang lebih baik lagi.

o Mempertahankan investasi untuk pengembangan jaringan 

o Melanjutkan fokus dalam mengembangkan jaringan di ex-Java 

Baca Juga: XL Axiata (EXCL) Sebut Tarif Internet di Indonesia Tergolong Murah


3. Kepuasan pelanggan tetap menjadi salah satu fokus utama XL 

o Memberikan layanan kepada pelanggan secara terpadu secara end to end

o Pengalaman layanan yang digital dan personal, sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan seperti dynamic pricing, paket dan konten yang sesuai dengan ketertarikan pelanggan

Menurut Hendry pembangunan infrastruktur sebagaimana difokuskan oleh Presiden juga pasti akan meningkatkan kepercayaan investor terhadap Perusahaan seiring dengan meluasnya cakupan bisnis XL Axiata dan meningkatkan potensi imbal hasil yang menarik bagi pada investor.

"Menurut kami peningkatan anggaran infrastruktur pemerintah tersebut akan memberikan dampak positif terhadap akselerasi pembangunan di berbagai wilayah yang harapannya tentunya juga akan memberikan manfaat yang semakin besar dirasakan oleh Masyarakat." Kata Hendry

XL Axiata tentunya juga mendukung upaya pemerintah untuk terus meningkatkan pemerataan penyediaan infratruktur telekomunikasi sehingga terjadi pemerataan kesempatan untuk dapat menikmati layanan telekomunikasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×