Reporter: Margareta Engge Kharismawati | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. Setelah adanya Surat Edaran (SE) Nomor 177/BRTI/X/2011 pada Oktober tahun lalu, layanan Value Added Service (VAS) yang digadang para operator seluler vakum, termasuk layanan Ring Back Tone (RBT). Oleh sebab itu, para pelaku industri operator pun gencar untuk menghidupkan kembali layanan yang berbasis industri musik digital tersebut.
"Setelah melalui diskusi yang panjang selama satu tahun dengan pihak regulator seperti Departemen Sosial dan BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia), akhirnya kita mendapatkan izin," kata Revie Sylviana, General Manager Content and Applications Technology, Content and New Business di Jakarta, Rabu (5/11).
Izin tersebut baru diperoleh pihak operator pada minggu lalu. Nah, hari ini, Rabu (5/11), XL dan Indosat beserta 12 record labels bekerja sama dalam peluncuran program PESTA RBT dan iRing dengan cukup mengakses *919#.
Program RBT dan iRing ini akan berlangsung selama tiga bulan, terhitung 5 Desember 2012 hingga 5 Maret 2013.
"Kami menargetkan pertumbuhan 20% untuk pelanggan RBT selama tiga bulan tersebut," ucap Revi.
Saat ini, total pelanggan RBT XL mencapai 3 juta pelanggan. Total pelanggan tersebut mengalami penurunan yang drastis, di mana sebelum adanya SE Nomor 177/BRTI/X/2011 tersebut, total pelanggan RBT XL mencapai 9 juta pelanggan.
Tak hanya XL yang mengalami penurunan signifikan terhadap jumlah pelanggan RBT, Indosat pun mengalami hal serupa. RBT di Indosat yang mempunyai nama istilah iRing, sebelum peristiwa "Black October" tersebut mencapai 4 juta pelanggan, kini tersisa hanya 400 ribu pelanggan.
"Oleh sebab itu selama tiga bulan ini kita targetkan 600 ribu pelanggan iRing," tandas Sumantri Joko Yuwono, Head of Inovation and Technical Marketing Support Indosat.
Tak heran apabila selama program PESTA RBT dan iRing ini, para pelanggan yang mengaktifkan layanan RBT dan iRing akan berkesempatan mendapatkan beragam hadiah menarik seperti puluhan motor, ratusan ponsel, dan ribuan pulsa.
"Kita ingin menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakat dan pelanggan dengan menghadirkan kembali layanan ini dengan lebih berkualitas, mudah dan aman," tukas Erik Meijer, Direktor and Chief Marketing Officer Indosat.
Adapun tarif yang berlaku untuk PESTA RBT dan iRing ini adalah tarif mingguan reguler, di mana untuk XL adalah Rp 3.300 per minggu dan Indosat Rp 3.190 per minggu.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News