kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

XL Targetkan MyXL Jadi Super App dengan 40 Juta Pengguna Aktif


Minggu, 05 Maret 2023 / 07:15 WIB
XL Targetkan MyXL Jadi Super App dengan 40 Juta Pengguna Aktif


Reporter: Ardian Taufik Gesuri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BARCELONA. Banyak networking dan kerjasama yang terjalin selama berlangsungnya Mobile World Congress (MWC) Barcelona, 27 Februari-2 Maret 2023. Begitu pun XL Axiata, memanfaatkan hajatan akbar teknologi mobile dunia tersebut untuk meneken nota kesepahaman, antara lain, dengan Cisco dan Icon+.

Kerjasama XL Axiata dengan Cisco dan Icon+ tersebut sangat strategis. Karena, XL Axiata sebagai salah satu operator telekomunikasi besar di Indonesia serius ingin mengembangkan layanan keluarga atau home segment.

Kerja sama XL Axiata - Cisco

Menurut CEO PT XL Axiata Dian Siswarini, penandatanganan MoU dengan Cisco dilakukan untuk pengembangan platform internet of things (IoT). “Di platform IoT ini antara lain ada automasi, zero touch, interferensi orang makin berkurang,” ujar Dian (1/3).

Baca Juga: XL Axiata - Cisco Jalin Kerja Sama Kemitraan Siapkan Jaringan 5G dan Cloud untuk IOT

Cisco terbilang sudah lama bekerjasama dengan XL Axiata. Mereka mengembangkan platform IoT untuk diterapkan pada bisnis B to B (business to business). 
“Nah, untuk kerjasama yang sekarang ini untuk teknologi yang lebih canggih,” kata Dian.

Adapun kerjasama yang akan dijalin dengan PLN memang baru kali ini, dan rencananya akan mengembangkan penerapan teknologi IoT pada berbagai sistem. Sebutlah sistem meteran otomatis, peternakan ayam, hingga layanan ke rumah pelanggan, dengan memanfaatkan aset dan jaringan PLN, termasuk tiang-tiang listrik untuk memasang BTS 5G.

Dian bilang, kerjasama dengan Icon+ ini strategis di saat induknya, PLN, belum lama ini bertransformasi menjadi holding BUMN kelistrikan. Adapun Icon+ menjadi salah satu subholding, sehingga punya kewenangan lebih besar ketimbang sebelumnya. Sebutlah dalam mencari dana dan mengembangkan bisnis.

Kerja sama XL Axiata - ICON+

Family ID

Kolaborasi dengan banyak pihak memanfaatkan momentum MWC ini penting untuk pengembangan XL Axiata ke depan. Saat ini, XL sudah punya layanan XL Home. Lalu, pasca-akuisisi Link Net (LINK) pada pertengahan 2022, XL Axiata akan menggabungkan layanannya menjadi convergence services.

“Terutama untuk family,” ujar Dian.

“Sehingga tagihan-tagihan, layanan fixed line internet, mobile, entertainment TV, smart home, itu untuk satu family bisa satu bill,” lanjut Dian.

Untuk mendukung penerapan IoT ini, XL Axiata akan menguatkan MyXL.

 “MyXL kami siapkan menjadi super app,” jelas Dian.

Baca Juga: Kolaborasi XL Axiata & Cisco Siapkan Jaringan 5G untuk Mendukung Layanan Solusi IOT

Saat ini, dari sekitar 57 juta-58 juta pelanggan XL, sebanyak 25 juta di antaranya aktif menggunakan app MyXL dan Axis Net. 

Dian menargetkan, pengguna aktif MyXL akan meningkat jadi 40 juta pelanggan. 

“Pelanggan bisa memakai MyXL untuk beli asuransi kesehatan, digital banking, dan sebagainya. Kalau semua pelanggan sudah pakai MyXL, efisiensi akan luar biasa,” ujar Dian.

Kuncinya, menurut Dian, XL memiliki home segment. Selanjutnya, dengan layanan family ini, ID (identitas) pelanggan bukan lagi nomor ponsel, melainkan bertransformasi menjadi family ID.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×