kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.708.000   17.000   1,01%
  • USD/IDR 16.335   0,00   0,00%
  • IDX 6.788   -6,83   -0,10%
  • KOMPAS100 1.009   -1,54   -0,15%
  • LQ45 781   -2,24   -0,29%
  • ISSI 211   0,76   0,36%
  • IDX30 405   -1,54   -0,38%
  • IDXHIDIV20 488   -3,62   -0,74%
  • IDX80 114   -0,07   -0,06%
  • IDXV30 120   -0,76   -0,63%
  • IDXQ30 133   -0,78   -0,59%

Zoho Ikut Mewujudkan Transformasi Digital di Indonesia dengan Solusi Berbasis AI


Selasa, 18 Februari 2025 / 22:28 WIB
Zoho Ikut Mewujudkan Transformasi Digital di Indonesia dengan Solusi Berbasis AI
ILUSTRASI. Sebanyak tujuh inkubator dengan lebih dari 700 startup telah memulai program Zoho for Startups di Indonesia, yang membuat kemajuan besar dalam membentuk lanskap kewirausahaan menjadi lebih hidup.


Reporter: Fahriyadi | Editor: Fahriyadi .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Zoho Corporation, perusahaan teknologi global terkemuka yang didirikan di India, melihat potensi besar dalam pertumbuhan solusi Software as a Service (SaaS) di lanskap bisnis Indonesia. Dalam setahun terakhir, Zoho telah berinvestasi dalam pelatihan dan peningkatan fitur untuk perangkat lunak bisnisnya.

Vice President & GM APAC Zoho Corporation  Gibu Mathew menyatakan, perusahaannya telah melakukan sejumlah kegiatan untuk mendukung kegiatan bisnis di Indonesia. Pertama, pada Agustus 2024, pihaknya menggelar program Young Creator oleh Zoho Creator yang diadakan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di Surabaya dengan program yang lebih luas.

“Untuk pertama kalinya secara global, pelatihan Zoho Creator diberikan kepada 40 dosen di institut tersebut untuk modul Low-Code/No-Code (LCNC), yang nantinya akan dimasukkan ke dalam kurikulum pembelajaran,” ujarnya di Jakarta, Selasa (18/2).

Kedua, pada November 2024, Zoho mengumumkan kemitraan strategis dengan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dan Startup Studio Indonesia yang berada di bawah Kementerian Komunikasi dan Digital. Kolaborasi ini memberikan akses kepada 1.500 startup untuk mengikuti program Zoho for Startups.

“Program ini menyediakan solusi perangkat lunak senilai lebih dari Rp 60 miliar, memungkinkan para wirausahawan untuk mengeksplorasi alat yang sesuai dengan kebutuhan mereka di berbagai tahap pertumbuhan bisnis,”  katanya.

Solusi Berbasis AI

Ia menambahkan, rangkaian solusi bisnis Zoho berkembang pesat di Indonesia, dengan pertumbuhan pendapatan tahunan melebihi 30%. Seiring dengan meningkatnya adopsi Zoho sebagai solusi platform, bisnis dapat mengakses perangkat lunak kelas perusahaan besar yang dirancang untuk mendorong transformasi digital dan pertumbuhan. Asisten Artificial Intelligence (AI) terintegrasi dari Zoho, Zia, memperkaya aplikasinya dengan kemampuan Generative AI yang didukung oleh teknologi kepemilikan di private cloud Zoho.

 Ia bilang Strategi Nasional AI Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kontribusi AI terhadap perekonomian, yang diperkirakan mencapai US$ 366 miliar terhadap PDB pada tahun 2030, atau sekitar 12% dari total PDB nasional.

“Dengan meningkatnya pengeluaran publik dan swasta di sektor teknologi informasi, Indonesia memiliki potensi besar untuk mencapai pertumbuhan PDB yang lebih tinggi. Zoho mendukung visi ini dengan menyediakan alat berbasis AI yang meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis,” ujarnya.

Ia pun membeberkan sejumlah produk terpopuler Zoho di Indonesia, antara lain Pertama, Zoho CRM untuk meningkatkan interaksi pelanggan dengan wawasan berbasis AI, analisis prediktif terhadap peluang bisnis, dan pembuatan konten otomatis. Pembaruan CRM for Everyone akan lebih menyederhanakan customer journey dengan mengurangi kesenjangan komunikasi dan meningkatkan waktu respons aduan pelanggan.

Kedua, Zoho One, yakni rangkaian komprehensif dengan lebih dari 40 aplikasi untuk menyatukan operasional bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mengoptimalkan alur kerja.

Ketiga, Zoho Workplace, yaitu alat kolaborasi dan komunikasi berbasis AI yang menyempurnakan penulisan, mengoptimalkan konten, dan memberikan wawasan cerdas terkait dokumen.

Keempat, Zoho Desk yang merupakan dukungan pelanggan berbasis AI dan manajemen tiket dengan fitur seperti analisis sentimen, ringkasan tiket otomatis, dan respons berbasis pengetahuan.Baca Juga: Zoho Perkenalkan Zoho CRM for Everyone, Bantu Kerja Tim Penjualan Perusahaan

Kelima, Zoho Projects, yakni integrasi Natural Language Processing (NLP) dan ChatGPT memungkinkan rekomendasi tugas cerdas, wawasan berbasis AI, dan visibilitas yang lebih baik untuk tim yang bekerja secara asinkron.

Zoho terus berkomitmen untuk memberdayakan bisnis Indonesia dengan solusi berbasis AI, mendorong inovasi, dan mendukung tujuan transformasi digital negara.

User Conference

Seiring dengan ekspansi Zoho, perusahaan ini berkomitmen untuk selalu menghadirkan teknologi mutakhir dan nilai luar biasa bagi pelanggan SaaS kami. Sebagai bagian dari komitmen tersebut, konferensi pengguna Zoho yang disebut Zoholics, kembali diselenggarakan di Jakarta pada Februari 2025, acara tersebut mempertemukan para pemimpin bisnis dan technology enthusiasts.

Acara ini menghadirkan tiga topik fokus utama, antara lain mencakup solusi untuk Penjualan dan Pemasaran; Keuangan dan SDM; serta Kolaborasi dan alat Developer.

Zoholics menjadi platform utama untuk mengedukasi pelaku bisnis di Indonesia tentang bagaimana solusi perangkat lunak Zoho dapat mempercepat transformasi digital. Tim Zoho hadir di User Conference - Zoholics Indonesia 2025 untuk memberikan bantuan langsung, memfasilitasi diskusi tentang inovasi digital, serta mempererat hubungan dengan klien dan mitra bisnis.

Selanjutnya: PTPN Group Akan Aktifkan Kembali Sejumlah Pabrik Gula Dorman untuk Swasembada Gula

Menarik Dibaca: Simak Jadwal Terbaru KRL Solo-Jogja Pada Rabu, 19 Februari 2025

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Finance for Non Finance Entering the Realm of Private Equity

[X]
×