kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,69   1,09   0.11%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Zulhas Beri Sinyal TikTok Shop Bisa Beroperasi Lagi di Indonesia


Rabu, 06 Desember 2023 / 16:24 WIB
Zulhas Beri Sinyal TikTok Shop Bisa Beroperasi Lagi di Indonesia
ILUSTRASI. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memberikan sinyal bahwa TikTok Shop bisa beroperasi kembali di Indonesia


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sinyal TikTok Shop bakal beroperasi lagi di Indonesia mendapatkan restu dari Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas). 

Zulhas menegaskan bahwa pihaknya tidak melarang TikTok shop kembali beroperasi di Indonesia asalkan telah menaati aturan baru Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. 

"Jadi kita tidak melarang tapi mengatur dan menata, siapa pun yang memenuhi aturan ketentuan yang sudah kita atur bersama silakan saja," kata Zulhas dalam Peluncuran Buku Putih Pengembangan Ekonomi Digital 2023, di Jakarta, Rabu (6/12). 

Zulhas juga tidak mempermasalahkan jika TikTok Shop ingin melakukan kerja sama dengan e-commerce lokal selama perusahaan asal China itu bisa memenuhi syarat ketentuan yang berlaku di Indonesia. 

"Kalau kerja sama boleh saja. Industri luar negeri kerja sama kan boleh," jelas Zulhas. 

Baca Juga: GOTO Dikabarkan Mencapai Kesepakatan Investasi dengan TikTok

Meski begitu, Zulhas menyebut hingga saat ini belum ada perizinan baru TikTok shop untuk kembali beroperasi di Indonesia. 

Diketahui, wacana TikTok shop akan kembali ke Indonesia makin santer. Kabarnya perusahaan milik ByteDance Ltd ini tengah menjajaki investasi dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). 

TikTok tengah dalam penjajakan investasi pada unit bisnis PT Tokopedia. Menurut sumber Bloomberg, transaksi investasi ini akan diselesaikan dalam beberapa pekan mendatang.

Bahkan kabarnya GOTO dan TikTok berupaya untuk membentuk usaha patungan alias joint venture. Nantinya kedua perusahaan itu akan membangun platform e-commerce baru. 

Namun hingga kini, kedua perusahaan ini baik TikTok dan GoTo masih belum buka suara akan rencana tersebut.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×