: WIB    --   
indikator  I  

3 negara ini siap relokasi pabrik ke Indonesia

3 negara ini siap relokasi pabrik ke Indonesia

JAKARTA. Tiga negara Asia Timur berencana relokasi pabrik ke Indonesia. Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) menyatakan China, Hongkong, Taiwan berencana merelokasi pabriknya sekaligus berinvestasi di Indonesia.

Reza V Maspaitella, Ketua Kompartemen Investasi Dalam Negeri (KADIN) mengatakan ketiganya mau masuk ke Indonesia dengan berbagai alasan. Baik itu efisiensi produksi maupun karena kedekatan sumber daya yang melimpah di Indonesia. "Mereka mau investasi di bidang manufaktur baik itu dalam bentuk pabrik baja dan lain sebagainya," kata Reza saat ditemui di Gedung Kementerian Perindustrian, Selasa (18/4).

Dalam kunjungan ke Kemenperin, Kadin pun berencana berinvestasi untuk membangun Indonesia House, atau rumah industri sebagai bagian promosikan hasil industri dari Indonesia. "Tahapan berikutnya kita bisa stok produk di sana sehingga bisa mendekatkan ke pasar, khususnya ke China," kata Reza.

Tapi untuk benar-benar masuk, menurut Reza, pihak investor asing tersebut meminta beberapa hal.  Hal yang paling utama adalah kepastian hukum di Indonesia. Lalu, mereka juga membutuhkan soal lahan industri yang memadai sekaligus infrastrukturnya. Terakhir, sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan mumpuni.


Reporter Eldo Christoffel Rafael
Editor Djumyati Partawidjaja

FOREIGN DIRECT INVESTMENT

Feedback   ↑ x
Close [X]