kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Angkasa Pura II akan tambah tiga rangkaian skytrain di Bandara Soekarno-Hatta


Kamis, 21 Juni 2018 / 11:10 WIB
Angkasa Pura II akan tambah tiga rangkaian skytrain di Bandara Soekarno-Hatta
ILUSTRASI. Kereta Skytrain Bandara


Reporter: Dian Sari Pertiwi | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura II berencana menambah tiga rangkaian kereta (trainset) skytrain pada September mendatang. Perusahaan operator bandar udara (bandara) ini berharap dapat menambah daya angkut penumpang untuk mobilisasi. Maklum, minat masyarakat menggunakan moda transportasi penghubung antar terminal di Bandara Soekarno - Hatta (Soetta) terbilang tinggi.

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan saat ini ada tiga rangkaian trainset yang beroperasi dengan kapasitas angkut hingga 176 penumpang. Dengan penambahan ini, daya angkut trainset skytrain menjadi 352 penumpang tiap perjalanan.

"Dilihat dari kenaikan pergerakan penumpang dari tahun ke tahun, kurang lebih sebanyak 80% mayoritas pengguna skytrain adalah penumpang maka kami akan melakukan pengembangan," kata Awaluddin dalam keterangan resminya, Kamis (21/6).

Selain itu, Angkasa Pura II juga akan menambah kecepatan perjalanan tiap moda skytrain. Dengan begitu, penumpang tak perlu menunggu kedatangan skytrain lebih lama dan dapat mencapai terminal lebih cepat. Informasi saja, jarak tempuh kereta layang dari headway sekitar 13 menit akan dipangkas menjadi 6 menit.

Awaluddin bilang, Angkasa Pura II juga akan membangun fasilitas pendukung dari kereta layang ini. Seperti sky bridge atau jembatan layang, lintasan, shelter juga sisten dan persinyalan untuk mengoperasikan skytrain.

"Progres pembangunan lintasan dan shelter tahap 1 sudah 100% sedangkan progres pengembangan sistem dan persinyalan otomatis hampir mencapai 100%, Dengan adanya rencana pengembangan ini waktu untuk berpindah antar terminal akan lebih efisien," kata Awaluddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×