: WIB    —   
indikator  I  

Atase perdagangan kunjungi pabrik Sinar Mas Agro

Atase perdagangan kunjungi pabrik Sinar Mas Agro

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para calon Atase Perdagangan dan calon Kepala Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) Kementerian Perdagangan mengunjungi pabrik PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (PT SMART Tbk) di Marunda, Jakarta Utara, Kamis (5/10). Kunjungan ini dilakukan sebagai pembekalan dan pengenalan bagi calon diplomat tersebut pada produk-produk unggulan ekspor Indonesia.

Managing Director Sinar Mas Group yang juga mantan Menteri Perindustrian RI, Saleh Husin menilai, kunjungan ini merupakan salah satu langkah strategis dari Kementerian Perdagangan.

“Ini menjadi kegiatan positif karena merekalah ujung tombak sekaligus menjadi pemasar produk-produk Indonesia di luar negeri. Peran para atase juga penting dan turut menjadi penentu,” ujarnya, dalam rilis, Jumat (6/10).

Saleh juga memaparkan salah satu produk unggulan ekspor Indonesia yaitu sawit. Merujuk data 2016, sawit dan turunannya merupakan andalan ekspor Tanah Air dengan nilai US$ 19 miliar yang menyerap tenaga kerja langsung hingga 6 juta orang.

Produk ekspor Indonesia lainnya ialah pulp dan kertas yang nilainya mencapai US$ 5,7 miliar. Industri ini juga menciptakan lapangan kerja dengan serapan tenaga kerja langsung sekitar 2 juta orang.

Pada kesempatan itu, para calon atase perdagangan dan ITPC mendapat pembekalan dari para praktisi dan pemimpin asosiasi industri. seperti Asosiasi Pengusaha Kertas Indonesia (APKI), Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI), dan Gabungan Pengusaha Sawit Indonesia (GAPKI).  


Reporter Azis Husaini
Editor Rizki Caturini

AGRIBISNIS

Feedback   ↑ x
Close [X]