kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis hiburan dan hotel panen di akhir tahun


Selasa, 09 Januari 2018 / 12:42 WIB
Bisnis hiburan dan hotel panen di akhir tahun


Reporter: Klaudia Molasiarani | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Musim liburan akhir tahun 2017 menjadi musim panen raya bagi pebisnis wisata hiburan maupun perhotelan. Hal tersebut tampak dari adanya kenaikan jumlah pengunjung dibandingkan tahun sebelumnya.

Misalnya, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk yang mencatatkan lonjakan jumlah pengunjung pada musim liburan kemarin. Agung Praptono, Sekretaris Perusahaan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk mengungkapkan, pada musim liburan periode 23 Desember sampai 7 Januari 2018, Jaya Ancol mencatatkan kenaikan jumlah pengunjung sebesar 2% dari tahun lalu.

Artinya, dari sebelumnya yang sebanyak 1,042 juta pengunjung pada tahun 2016 menjadi 1,064 juta pada 2017.

Saat menyambut musim liburan itu, Jaya Ancol menyiapkan beberapa wahana baru, seperti di Dunia Fantasi, dua wahana baru Atlantis Water Adventure bertajuk Sky Box dan Dragon Race.

Kemudian, inovasi wahana Sea World Ancol yang menghadirkan banyak biota laut serta ubur- ubur dan akuarium interaktif. Adapun beberapa wahana Dufan lainnya yang akan dikembangkan antara lain Star Shape, kawasan Fantasy Night dan Fantastique show. Pada 2018, Jaya Ancol menyiapkan dana pengembangan Rp 525 miliar.

"Alokasi dana tersebut berasal dari kas internal hasil operasi perseroan dan kekurangannya dari pembiayaan eksternal," sebut Agung kepada KONTAN, Senin (8/1). Selain itu, Jaya Ancol juga tengah mempersiapkan coaster baru yang sekarang sedang diproduksi dan akan diluncurkan mulai tahun depan.

Setali tiga uang dengan Trans Studio Bandung (TSB) yang juga kebanjiran jumlah pengunjung pada musim liburan akhir tahun lalu. Manager Marketing Communication TSB Triya Filia Santi bilang, destinasi rekreasi tersebut mengalami lonjakan jumlah pengunjung sekitar 10%–20% ketimbang tahun sebelumnya.

Pada periode atau musim liburan tersebut, puncak kenaikan pengunjung TBS terjadi pada 24–25 Desember 2017. Maklum, ada libur Natal yang berpapasan long weekend.

Tahun ini, unit usaha Trans Corpora itu berencana menambah wahana baru di area seluas 400 meter persegi, yang saat ini dalam proses pengerjaan. "Jadi wahana itu adalah upgrade dari wahana lama," terangnya saat dihubungi KONTAN, Senin (8/1).

Sayang, Triya tidak menyebut nilai investasi untuk pengembangan wahana ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×