INDUSTRI
Berita
BSD berencana bangun dua proyek green building

PROYEK GREEN BUILDING

BSD berencana bangun dua proyek green building


Telah dibaca sebanyak 976 kali
BSD berencana bangun dua proyek green building

JAKARTA. Salah satu pengembang properti di Indonesia, PT Bumi Serpong Damai Tbk, berencana membangun dua buah proyek green building alias gedung ramah lingkungan yang berlokasi di BSD Tangerang, Banten.

"Masih dalam perencanaan," kata Ignesjz Kemalawarta, Direktur PT Bumi Sepong Damai Tbk yang dijumpai usai Sinar Mas Land Journalist Property Workshop di Jakarta, Selasa (30/4). Sebagai informasi, green building adalah bangunan yang memperhatikan kaidah lingkungan yang berkelanjutan.

Ada beberapa atribut atau elemen yang menjadi tolak ukur green building yakni desain, pengelolaan, energi, udara, dan bahan material. Misalnya, menggunakan material yang akrab dengan lingkungan, pengaturan udara yang sehat, serta memiliki standar tapak hijau di dalam gedung.

Rencananya, anak perusahaan Sinar Mas Land ini membangun Bank BNI New Region Office BSD City dan Housing Cluster. Sebelumnya, di BSD telah membangun dua gedung dengan konsep ramah lingkungan, yakni BSD Green Office Park dan Sinar Mas Land Plaza.

Beberapa prinsip green building yang diterapkan adalah pengurangan panas masuk ke dalam gedung dengan menggunakan kaca Low-E, sehingga disinyalir akan terjadi penghematan energi hingga 31%.

Lebih lanjut, Ignesjz bilang, hal yang menjadi kendala dalam membangun green building adalah, rendahnya pemahaman dari pengembang. "Memang di biaya awal, pembangunan konsep green memiliki biaya maksimal 8% lebih tinggi dibandingkan gedung biasa," tandasnya.

Namun, dalam jangka panjang, green building memberikan biaya operasional lebih murah dibandingkan gedung biasa. Penghematannya bisa mencapai 20% hingga 30%, lantaran konsep-konsep hemat energi yang diusung.

Ketika ditanyakan lebih lanjut mengenai biaya yang dikeluarkan BSD untuk membangun proyek green building itu, Ignesjz enggan menjelaskannya. Perlu diketahui, cadangan lahan alias land bank yang dimiliki Sinar Mas Land di BSD adalah 4.000 hektare.

Editor: Asnil Bambani Amri
Telah dibaca sebanyak 976 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • DJP minta caleg dan capres transparan data pajak

    +

    Pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan presiden baru sebentar lagi mewarnai tahun 2014

    Baca lebih detail..

  • Akbar Tandjung siap jadi cawapres Jokowi

    +

    Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung menyatakan siap maju sebagai bakal calon wakil presiden, termasuk berpasangan dengan Joko Widodo

    Baca lebih detail..