: WIB    --   
indikator  I  

Bulog klaim serapan gabah masih terjaga

Bulog klaim serapan gabah masih terjaga

KONTAN.CO.ID - Beberapa waktu lalu beberapa kawasan di Indonesia mengalami serangan hama wereng dan kekeringan. Bahkan, dikabarkan terdapat sekitar 63.000 hektare sawah yang diserang hama wereng batang cokelat tersebut.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memastikan, pasokan beras masih tetap berada pada level aman meski sedang menghadapi masalah ini. Dia pun mengungkap, Kementerian Pertanian telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah serangan hama wereng ini.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Bulog, Djarot Kusumayakti pun mengungkap serapan Bulog masih terjaga hingga saat ini. "Sampai dengan hari ini serapan gabah/beras oleh Bulog masih terjaga di 10.000 ton per hari, semoga ke depannya tetap lancar," tutur Djarot lewat pesan singkat yang diterima KONTAN, Rabu (13/9).

Djarot pun menganggap, feksibilitas harga hingga 10% dari atas Harga Pembelian Pemerintah (HPP) merupakan salah satu penyebab serapan Bulog tetap terjaga. Dengan Fleksibilitas harga tersebut harga pembelian untuk gabah kering giling (GKG) menjadi Rp 5.115 per kg dari sebelumnya Rp 4.650 per kg, sementara harga pembelian beras menjadi Rp 8.030 per kg dari Rp 7.300 per kg.

Kata Djarot, Bulog masih terus mengupayakan menyerap gabah/beras hingga 850.000 ton hingga akhir tahun. Apalagi menurutnya jumlah gabah yang bisa diserap oleh Bulog sangat dipengaruhi oleh ketersediaan beras dan harga di lapangan. 


Reporter Lidya Yuniartha
Editor Yudho Winarto

BULOG

Feedback   ↑ x
Close [X]