kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Creador berinvestasi Rp 600 miliar di Hermina


Rabu, 06 September 2017 / 20:33 WIB
Creador berinvestasi Rp 600 miliar di Hermina


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - Investor asing melirik investasi di industri rumah sakit di dalam negeri. Salah satu pemodal asing yang tertarik masuk ke sektor rumah sakit, yaitu perusahaan private equity Creador dengan menanamkan modal atau investasi di PT Medikaloka Hermina.

Creador menginvestasikan Rp 600 miliar (US$ 45 Juta) untuk membeli saham minoritas di PT Medikaloka Hermina.

Senior Managing Director Creador, Cyril Noerhadi mengatakan, pertumbuhan ekonomi tahun ini masih positif sekitar 5,2%, dan salah satu sektor yang menarik untuk investasi yaitu rumah sakit. Itulah yang menjadi alasan Creador memilih menginvestasikan dana ke PT Medikaloka Hermina.

"Kami lihat sektor yang menarik adalah rumah sakit, karena pertumbuhan bisnis rumah sakit hanya 10% dalam lima tahun terakhir. Apalagi kapasitas tempat tidur sekitar 12 buah berbanding 10.000 penduduk itu masih kurang dibanding 30 tempat tidur di rumah sakit seluruh dunia," papar Cyril di Gedung Bursa Efek, Jakarta, Rabu (6/9).

Cyril meyakini dengan menanamkan sahamnya ke Hermina bisa menjadi investasi yang menjanjikan. Pasalnya, menurut Cyril, Hermina adalah grup rumah sakit yang menonjol dalam sektor rumah sakit swasta. Dan dari segi jaringan cukup luas, dengan target pasien menengah serta rumah sakit yang memiliki tempat tidur sebanyak 2.600. 

Creador merupakan perusahaan investasi internasional yang telah menanamkan uang di tiga negara yaitu India, Malaysia dan Indonesia. Adapun total dana kelolaan yang digelontorkan mencapai US$ 900 juta. 

"Untuk investasi sektor yang kami minati adalah sektor yang sifatnya consumer atau dibeli jasa dan produknya oleh perorangan. Seperti makanan minuman, jasa keuangan, perbankan, multifinance, media, termasuk rumah sakit," ungkap Cyril.

Presiden Direktur Hermina, Hasmoro menjelaskan saat ini pemegang saham setiap rumah sakit terdiri dari tiga komponen, yaitu para dokter yang praktek di rumah sakit, lalu dokter tempat lain yang tidak praktek tapi sudah praktek tempat lain, serta PT Medikaloka Hermina. Creador nantinya, akan menjadi pemegang saham minoritas atau kecil.

"Tiga komponen ini mempunyai komitmen untuk mengembangkan rumah sakit yang sesuai dengan komitmen Hermina. Nah Creador masuk di PT Medikaloka Hermina. Jadi tidak akan mengubah komitmen Hermina dengan masuknya investor baru," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×