INDUSTRI
Berita
Indonesia ekspor kertas Al Quran ke Timur Tengah

INDUSTRI KERTAS

Indonesia ekspor kertas Al Quran ke Timur Tengah


Telah dibaca sebanyak 1043 kali
Indonesia ekspor kertas Al Quran ke Timur Tengah

JAKARTA. Produksi kertas sebagai bahan cetak kitab suci Alquran asal Indonesia rupanya telah mendunia. Terbukti perusahaan pembuat kertas, Asia Pulp & Paper Group (APP), salah satu pilar Sinar Mas melalui kertas QPP atau Quran Paper dengan merek Sinartech, 90 persen diserap pasar internasional.

"Kertas telah kita ekspor di negara-negara Timur Tengah antara lain Mesir, Turki, Suriah, Lebanon yang jadi pusat percetakan Al-Quran bagi seluruh dunia," kata Director of Communication Sinar Mas Dhony Rahajoe dalam keterangannya, Sabtu (13/7/2013).

Asia Pulp & Paper Group (APP) merupakan payung merek produk kertas yang diproduksi oleh sejumlah pabrik di Indonesia seperti PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk, PT Pindo Deli Pulp & Paper Mills, PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industries, dan PT Ekamas Fortuna.

Produk kertas APP mempunyai kualitas tinggi, dengan tekstur dan kemampuan kualitas cetak yang didesain untuk memenuhi kebutuhan hasil cetak kualitas tinggi bagi Alquran.

"Dengan spesifikasi kertas bagi pencetakan kitab suci, kertas ini memperoleh sertifikasi halal dari MUI, karena diproses dengan mengedepankan kehalalan baik dari bahan baku, proses produksi, penyimpanan, hingga distribusinya," katanya.

Dikatakannya, pada penggunaan normal, kertas ini dapat bertahan hingga 100 tahun. Total produksi Sinartech mencapai 10.000 ton per tahun dengan nilai penjualan mencapai 10 juta dollar AS. (Eko Sutriyanto)

 

Tribunnews.com

Editor: Amal Ihsan
Sumber: TRIBUNNEWS.COM
Telah dibaca sebanyak 1043 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Simak sektor mana saja yang prospektif!

    +

    Sejak awal tahun hingga 22 September 2014, saham-saham sektor perbankan memberikan return terbesar.

    Baca lebih detail..

  • Meramal gerak IHSG setelah rekor

    +

    Analis berbeda pendapat soal prospek kinerja IHSG ke depannya.

    Baca lebih detail..