kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini beda Giant Mart dengan Star Mart


Senin, 21 Agustus 2017 / 20:07 WIB
Ini beda Giant Mart dengan Star Mart


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - PT Hero Supermarket Tbk (HERO) meluncurkan gerai Giant Mart pada 16 Agustus 2017 lalu. Gerai pertama yang terletak di Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat tersebut merupakan penanda come back perusahaan untuk menggarap segmen minimarket setelah sebelumnya pernah menggarap Star Mart.

Tony Mampuk, GM Corporate Affairs HERO mengatakan bahwa ada perbedaan yang jelas antara brand Giant Mart dengan Star Mart. Asal tahu saja, HERO resmi menutup operasi 83 gerai Star Mart pada awal tahun lalu. 

Sejak saat itu, HERO fokus mengembangkan bisnis supermarket dan hypermarket melalui merek Hero, Giant, dan Guardian. "Yang pasti brand itu jelas berbeda, Star Mart dan Giant Mart itu brand berbeda, produk yang ditawarkan juga berbeda," ujarnya kepada KONTAN, Senin (21/8).

Asal tahu saja, Star Mart merupakan gerai minimarket kafetaria atau yang biasa dikenal sebagai convenience store. Sedangkan Giant Mart hampir mirip dengan Giant Ekstra dan Giant Express yang menawarkan barang-barang kebutuhan harian.

Sehingga hal ini tentunya akan membutuhkan strategi dan pengelolaan berbeda dibandingkan Star Mart. "Kalau Giant Mart yang di Duri Kepa itu barangnya lebih ke kebutuhan sehari-hari, kalau Star Mart kan lebih ke produk siap saji," lanjutnya.

Yang jelas, Giant Mart merupakan konsep Giant yang lebih compact dan mendekat ke pemukiman penduduk. Barang-barang yang ditawarkan juga kurang lebih sama dengan barang-barang yang ada di Giant. Soal urusan harga, dirinya mengatakan akan tetap menawarkan produk yang baik dengan harga yang murah agar kompetitif. "Traffic (seminggu pertama) masih normal, itu saya tidak bisa share statistik angka karena belum ada data spesifik tetapi masih sesuai ekspektasi kami," lanjutnya.

Dengan tambahan satu gerai Giant Mart, berarti secara total Hero Supermarket memiliki 32 gerai Hero Supermarket, 164 gerai Giant Ekstra dan Giant Express, 249 gerai Guardian, 1 gerai IKEA dan 1 gerai Giant Mart. Emiten dengan kode saham HERO ini terus mengembangkan bisnis salah satunya dengan meluncurkan gerai Hero Premium, serta integrasi bisnis IKEA dan Giant dan pengembangan bisnis digital untuk gerai Guardian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×