kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini merek mobil mewah yang harga bekasnya stabil


Jumat, 16 Februari 2018 / 16:05 WIB
Ini merek mobil mewah yang harga bekasnya stabil


Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mobil-mobil mewah yang beredar di Indonesia pada umumnya berasal dari merek pabrikan asal Eropa. Pangsa pasar dari mobil ini menyasar ke masyarakat menengah ke atas.

Seperti mobil pasar menengah ke bawah, mobil mewah juga ada pasaran bekasnya. Di Jakarta, diler-diler mobil mewah bekas banyak ditemui di Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan.

Dari keterangan yang diperoleh Kompas.com dari beberapa pengelola diler mobil mewah bekas, pada umumnya merek-merek mobil mewah akan jatuh harganya jika dijual kembali di pasar mobil bekas. Hanya ada satu merek yang harganya disebut masih stabil, yakni Mercedes Benz.

Sales Marketing diler mobil mewah DBS Auto Uli Arfha mengatakan, Mercy menjadi satu-satunya merek mobil mewah asal Eropa yang harga jual bekasnya stabil. Dalam arti penurunan harga bekasnya dibanding harga baru relatif tidak jauh berbeda.

Uli mencontohkan satu unit bekas Mercy GL400 tahun 2016 masih bisa dijual pada harga Rp 1,4 miliar, dari harga baru Rp 1,9 miliar. Contoh lain adalah G-Class bekas tahun 2011 masih laku dijual pada harga Rp 2,5 miliar.

"Kalau Mercy masih bagus harga jualnya. Tapi mobil Eropa selain Mercy harga jualnya drop," kata Uli saat ditemui Kompas.com, Rabu (14/2).

Keterangan yang sama juga disampaikan Sales Marketing diler 81, Emiliawati. Menurut EMil, relatif stabilnya harga Mercy karena suku cadangnya yang terjangkau dan mudah didapat. Tentunya untuk ukuran mobil di kelas premium. Sesuatu yang tidak ada pada mobil premium lainnya, bahkan ke sesama merek Jerman.

Di tiga diler yang didatangi Kompas.com, unit Mercedes-Benz terlihat lebih banyak dibanding merek lain. Sebab lebih mudah dijual karena banyak dicari.

"Mercy walaupun begitu harga suku cadangnya tidak mahal, termasuk standar seperti mobil-mobil Jepang. Makanya biasanya orang kalau beli baru milihnya Mercy. Kalau dijual lagi istilahnya tidak sakit hati," kata Emil.

Dari keterangan para pengelola diler, penyusutan harga Mercy hanya 25%-30% dari harga saat pertama kali dibeli dari diler. Sedangkan merek premium lainnya bisa mencapai 40%-50%. (Alsadad Rudi)


Berita ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul: Ini Merek Mobil Mewah yang Harga Bekasnya Stabil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×