: WIB    —   
indikator  I  

Jakpro: Fisik LRT Jakarta sudah 90% akhir tahun

Jakpro: Fisik LRT Jakarta sudah 90% akhir tahun

KONTAN.CO.ID - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) terus mengebut proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta. Proyek LRT Jakarta meliputi tujuh koridor, yakni Kebayoran Lama-Kelapa Gading, Tanah Abang-Pulomas, Joglo-Tanah Abang, Puri Kembangan-Tanah Abang, Pesing-Kelapa Gading, Pesing-Bandara Soekarno-Hatta, dan Cempaka Putih-Ancol.

"Akhir tahun ini pembangunan fisiknya sudah mencapai 90%," kata Direktur Operasional Jakpro Wahyu A. Harun usai memberikan seminar Infrastruktur Jakarta di Auditorium Arifin Punirogo, Universitas Al-Azhar, Selasa (26/9).

Proyek infrastruktur ini bakal sepenuhnya beroperasi pada 2019. Meski demikian, pada penyelenggaraan ASEAN Games 2018 nanti sudah ada ruas jalur LRT yang beroperasi.

"Deadline-nya kan pas ASEAN Games nanti kereta sudah tampak beroperasi. Normalnya commissioning ini dilakukan sekitar 3-6 bulan, ini sudah bekerja ekstra, perencanaan 1 tahun, pembangunan 2 tahun, dan 3 tahun untuk membangun satu jaringan, itu juga yang dikatakan oleh orang-orang ahli di LRT, it's quite impossible job, tapi tetap kita laksanakan demi masyarakat," tegasnya.

Lebih lanjut, soal LRT di Dukuh Atas yang rencananya dijadikan sebagai pusat pengintegrasian transportasi, Wahyu mengatakan sudah berunding dengan beberapa pihak terkait seperti PT Adhi Karya Tbk selaku kontraktor LRT Jabodebek, dan kereta bandara.

"Nantinya akan ada 4 rel yang bersinggungan, 2 rel dari kami, 2 rel dari Adhi Karya, dan masing-masing memiliki jalur dan operator sendiri," katanya.

Rute LRT Jabodebek meliputi Cawang-Cibubur, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, Cawang-Bekasi Timur, Dukuh Atas-Senayan, Cibubur- Bogor, dan Palmerah-Bogor.

Kedua LRT bersinggungan di Dukuh Atas, di mana rute LRT Jakarta melewati Manggarai dan Dukuh Atas untuk menuju Tanah Abang

Wahyu juga menegaskan, penghapusan ego sektoral menjadi harga mati untuk pengintegrasian moda transportasi ini, seperti yang dikatakan Wakil Gubernur DKI terpilih Sandiaga Uno dalam acara seminar forum diskusi.

Selain mengerjakan proyek LRT, Jakpro juga bertanggung jawab terhadap dua proyek pembangunan lain, yakni Jakarta International Equestrian Park Pulo Mas dan Jakarta International Velodrome.


Reporter Cecylia Rura
Editor Yudho Winarto

LRT

Feedback   ↑ x
Close [X]