INDUSTRI
Berita
Jam tangan Monol, si bulat imut warna-warni yang trendi

TREN JAM MONOL

Jam tangan Monol, si bulat imut warna-warni yang trendi


Telah dibaca sebanyak 4918 kali
Jam tangan Monol, si bulat imut warna-warni yang trendi

JAKARTA. Setahun belakangan ini jam merek Monol jadi tren di kalangan ABG sampai karyawan kantoran. Dahulu jam Monol hanya dijual di toko-toko jam bergengsi seharga Rp 150.000 per unit.

Tapi sekarang, jam Monol bisa dibeli dengan Rp 25.000 per unit. Tentu saja ini jam Monol imitasi yang bisa ditemui di kaki lima atau kios-kios penjual jam.

Sejak marak dipromosikan di jejaring sosial, jam Monol langsung menjadi tren. Ciri khas jam Monol adalah bentuk bezelnya bulat, selain itu tali pengikatnya sangat kecil dan ramping.

Angka penunjuk jam berbentuk garis-garis tipis. Jam Monol biasanya memiliki corak warna warni, seperti merah, putih, kuning, cokelat, biru, merah muda dan ungu.

Vica Damayanti, Manajer Akuntan di salah satu toko ritel adalah salah satu penggemar jam Monol ini. Wanita berumur 28 tahun ini memang gemar mengoleksi jam.

Koleksi jam di rumahnya mencapai 25 unit. Awalnya ia tertarik dengan jam Monol ketika melihat sejumlah artis sinetron memakai jam berwarna warni.

Ternyata jam Monol juga sedang jadi perbincangan di jejaring sosial. Vica kemudian berburu ke internet ternyata mulai banyak dijual di situs-situs online. "Saya langsung beli lima yang asli," katanya.

Vica memakai jam Monol di kantor saat bekerja ataupun bergaul. Dari lima model yang ia punya, setiap dua hari sekali Vica memakai model yang berbeda saat ke kantor. Biasanya ia sesuaikan dengan baju yang ia pakai.

Kalau satu hari ada tiga aktivitas, Vica juga tiga kali ganti model dan warna Monol. "Biar warnanya sinkron dengan warna baju," katanya.

Sesama pemakai jam Monol di kantor Vica juga sering berbagi pengetahuan. Biasanya, Vica dan teman-temannya membicarakan model-model jam Monol terbaru. Bahkan pernah saling tukar informasi jika ingin mengincar warna-warna yang sulit didapat.

Vica dan teman-temannya juga sering saling tukar pinjam."Kalau saya suka dengan punya teman, biasanya saya pinjam selama satu bulan," akunya.

Salah satu penggemar jam Monol lainnya adalah Dian Mayangsari. Agen di salah satu perusahaan asuransi ini membeli jam Monol imitasi buatan China di ITC Ambasador, Jakarta akhir tahun lalu.

Koleksi jam Monol miliknya sekarang sebanyak 8 buah. Dian membeli dengan harga Rp 25.000 per unit. Selain untuk digunakan sendiri, Dian juga sering sengaja membeli jam Monol untuk mendekati target konsumen pemegang polisnya. "Yah kalau mereka ulang tahun saya belikan," katanya.

Dian biasannya menggantungkan koleksi jam Monol imitasinya di meja kamarnya. Selain enak dipandang, menurut Dian warna jam Monol cocok dengan warna kulit tangan.

Vica menambahkan, jika yang bertubuh putih, bisanya lebih suka membeli warna yang cerah. Namun bagi yang berkulit gelap, biasanya menghindari warna-warna yang cerah."Saya menyebutnya jam Monol itu si bulat imut-imut," katanya.

Memilih jam Monol asli

Cara membedakan jam Monol yang asli dan palsu itu mudah. Tidak hanya Monol, membedakan jam asli dan palsu itu berlaku untuk semua merek. Tolak ukur paling sederhana adalah dari fisik, harga, dan kualitasnya. Apakah jam yang dijual di kaki lima itu asli? Atau di toko-toko jam level premium? Atau jam online ada di toko online shopping?

Langkah sederhana bandingkan dengan harga jam Monol. Harga yang original bisanya sampai Rp 150.000 per unit. Sedangkan yang palsu hanya Rp 25.000 per unit.

Namun ini baru tahap awal, belum tentu jam mahal itu asli. Ada saja yang penjual yang memasang harga tinggi tapi ternyata palsu. Karena itu usahakan anda melihat langsung jam Manol yang diincar.

Langkah kedua adalah melihat secara fisik. Coba lihat tulisan merek Monol di belakang. Merek Manol yang asli biasanya diukir di badan jam. Sedangkan kalau palsu biasanya hanya di sablon atau tempelan stiker.

Selain itu periksa tombol pengatur jarum jam, Monol yang asli sangat kecil atau menjorok ke dalam. Kalau tombol pengatur pengatur cenderung menonjol dan besar biasanya palsu. Selain itu perhatikan lubang tali biasanya ada 11. Selain itu bahan tali jam halus dan lentur. Jam Monol asli juga anti air.

Pada saat membeli jam Monol yang original biasanya di sertakan kotak pembungkus yang resmi. Kalau beli yang palsu biasanya hanya di bungkus plastik toko yang menjual. Pada kotak jam ada tulisan MONOL ORIGINAL emboss dengan logo TOP BRAND QUALITY di pojok kanan atas. Bahan lingkaran jam Stainless Steel. Rata-rata diameter Lingkaran adalah 3cm-4 cm.

Jangan tertipu biasanya jam Monol yang asli kacanya lebih terlihat buram. Biasnya jam Monol banyak terdapat stiker hologram. Memang stiker hologram ini biasanya gampang dipalsukan.

Sebaiknya konsultasi kan dengan ahli jam yang tidak terkait langsung dengan penjualannya."Kalau mau serius beli, usahakan konsultasi kan ke orang-orang yang sudah paham tentang jam," kata Vica.

Editor: Rizki Caturini
Telah dibaca sebanyak 4918 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Simak sektor mana saja yang prospektif!

    +

    Sejak awal tahun hingga 22 September 2014, saham-saham sektor perbankan memberikan return terbesar.

    Baca lebih detail..

  • Meramal gerak IHSG setelah rekor

    +

    Analis berbeda pendapat soal prospek kinerja IHSG ke depannya.

    Baca lebih detail..