kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kalah pamor dengan mobil SUV, penjualan mobil sedan makin pelan


Senin, 30 Juli 2018 / 21:22 WIB
Kalah pamor dengan mobil SUV, penjualan mobil sedan makin pelan
ILUSTRASI. Ekspor Mobil Toyota


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pamor mobil sedan memang sedang kalah dari mobil multi purpose vehicle (MPV). Tak pelak, pada semester I-2018 pasar mobil sedan terus menukik turun. Dari data penjualan pabrikan ke diler (wholesales) Gaikindo tercatat, penjualan sedan hanya sebanyak 4.103 unit atau turun dari periode sama tahun lalu sebanyak 5.198 unit.

Pemain dengan volume penyumbang penjualan terbesar ada dari produsen asal Jepang yakni Toyota dan Honda. Honda menyumbang pangsa pasar mobil sedan sebesar 39,6% dan Toyota dengan pangsa pasar 26,6%.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto menjelaskan, pangsa pasar sedan menurun karena ada segmen lain membesar. "Penjualan semester kedua ini, bila sudah sama dengan semester 1-2018 sudah bagus," kata Soerjoppranoto kepada KONTAN, Senin (30/7).

Menurutnya pasar sedan tergerus karena adanya pergeseran selera konsumen ke model sport utility vehicle (SUV) dengan adanya Toyota Rush, Daihatsu Terios serta Mitsubishi Pajero. Serta pasar MPV lewat Toyota Voxy, Toyota Alphard, Mitsubishi Xpander, Wuling Confero, dan Suzuki Ertiga.

Kenaikan suku bunga juga menurunkan minat masyarakat membeli mobil sedan. "Exchange rate yang naik berimbas ke kenaikan suku bunga," kata Soerjoppranoto.

Di kuartal I-2018 lalu, Toyota melakukan penyegaran di segmen entry sedan dengan meluncurkan New Vios. Diharapkan model Vios dapat meningkatkan penjualan sedan Toyota. Selain itu ada Toyota Camry yang menjadi penopang penjualan.

Fedy Dwi Parileksono, Public Relations & Media Communications PT Eurokars Motor Indonesia mengtakan, Mazda akan meluncurkan model baru di ajang GIIAS 2018. Bila penjualan meningkat di GIIAS 2018, jadi sentimen positif bagi penjualan di semester II-2018. "Salah satunya model andalan kami di sedan yakni Mazda 6," kata Fedy kepada KONTAN, Senin (30/7).

Fedy mengaku pasar sedan masih bisa diambil celah penjualannya.Walaupun secara penjualan pasar tersebut tidak sekencang penjualan pasar SUV. Bocoran lainnya, nanti di GIIAS akan ada penyegaran model di segmen SUV yakni Mazda CX-3.

Tak hanya sedan asal Jepang yang mau unjuk gigi di pasar sedan. Produsen asal Jerman yakni BMW juga tak mau kalah. Jodie O'tania, Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia menuturkan, meski pasar SUV terus meningkat namun pasar sedan masih ada peminatnya di kota besasr. "Kota besar seperti Jakarta, konsumen biasanya mereka punya satu sedan dan satu mobil SUV," kata Jodie pekan lalu.

Adapun pekan lalu, BMW baru saja meluncurkan sedan baru dalam jumlah terbatas. Yakni BMW 630i Gran Turismo yang dijual terbatas di bawah 10 unit saja. "BMW Seri 3, serta BMW seri 5 masih jadi backbone penjualan sedan kami. Target penjualanya tentu sebanyak-banyaknya," kata Jodie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×