INDUSTRI
Berita
Kalsel genjot penanaman sawit

AGRIBISNIS

Kalsel genjot penanaman sawit


Telah dibaca sebanyak 546 kali
Kalsel genjot penanaman sawit

JAKARTA. Penambahan areal kebun sawit terus dilakukan walaupun harga minyak sawit sedang rendah. Di Kalimantan Selatan (Kalsel) penanam dan peremajaan sawit yang sebelumnya direncanakan 10 tahun malah dipercepat menjadi 5 tahun saja.


Sugian Noorbah, Kepala Dinas Perkebunan Kalsel bilang, di wilayahnya masih ada sekitar 300.000 ha lahan sawit yang belum tertanami. "Dari izin 600.000 ha yang tertanami baru 50% atau sekitar 300.000 ha," katanya saat dihubungi KONTAN, belum lama ini.


Ia mengaku, dengan percepatan tersebut, dalam 5 tahun ke depan, seluruh lahan berizin itu tertanami.  "Saat ini sangat ramai penjualan benih sawit," katanya. Karena itu pengawasan atas benih palsu juga diperketat.  


Total produksi tandan buah segar sawit di Kalsel mencapai 800.000 ton pada 2012 dan tahun ini diperkirakan meningkat 15.000 ton.

Editor: Uji Agung Santosa
Telah dibaca sebanyak 546 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Risiko berbeda, premi tiap daerah seharusnya berbeda juga

    +

    Dalam uji coba pertama, Jasindo mengkover 600 hektare (ha) lahan dengan biaya premi Rp 100 juta.

    Baca lebih detail..

  • Agar sukses, perlu insentif bagi penyuluh lapangan

    +

    Program asuransi pertanian menjadi salah satu upaya pemerintah untuk melindungi petani dari efek perubahan iklim. Hanya saja masih banyak kekurangan yang ditemui, seperti kurangnya sosialisasi dan tidak adanya insentif bagi penyuluh pertanian lapa

    Baca lebih detail..