kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masuk lagi ke Indonesia, pelumas Bardahl asal AS kini siap bersaing


Senin, 22 Maret 2021 / 09:37 WIB
Masuk lagi ke Indonesia, pelumas Bardahl asal AS kini siap bersaing
ILUSTRASI. Launching Bardahl Indonesia


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Bisnis pelumas rupanya masih menggiurkan. Lihat saja Bardahl Indonesia kini lahir kembali atau reborn di bawah naungan PT Pelayanan Oli Spesialis.

Raymond Widjaja Strategic Director PT Pelayanan Oli Spesialis (Bardahl Indonesia), menjelaskan bahwa kembalinya produk pelumas dan zat aditif (additives & lubricants) Bardahl akan meramaikan pasar pelumas di Indonesia.

PT Pelayanan Oli Spesialis merupakan perwakilan resmi di Indonesia dari Bardahl Manufacturing Corporation Seattle WA USA. Kemudian, Bardahl Indonesia menjadi bagian dari POSX Group yang sudah bergerak di bidang produksi dan distribusi pelumas dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di Tanah Air.

Raymond menuturkan, setelah menyelesaikan legalitas standar nasional Indonesia (SNI), nomor pelumas terdaftar (NPT), dan dokumen pendukung lainnya, Bardahl Indonesia segera memasarkan produk pelumas dan aditif ke seluruh wilayah di Indonesia.

“We are Reborn [Kami Terlahir Kembali], kami mengambil tema ini untuk memudahkan konsumen mengenal lebih jauh lagi mengenai produk-produk Bardahl,” ujarnya melalui siaran pers, Senin (22/3).

Vice President Bardahl Indonesia Pudjijarto Sutjipto menambahkan bahwa We are Reborn merupakan salah satu tema yang membedakan dengan Bardahl sebelumnya. “Kami tampil lebih fresh [segar] dengan spesifikasi tertinggi di kelasnya,” tutur Pudjiarto. 

Bardahl Additives & Lubricants merupakan merek asal Amerika Serikat. Dimulai pada 1939, Bardahl mulai berkecimpung di dunia pelumas dan aditif. 

Bardahl lebih dikenal dengan tehnologi C60 yang memiliki kekuatan formulasi perlindungan pada mesin kendaraan dan oli tersebut bekerja dengan maksimal. Melalui kanal Youtube dan media sosial lainnya, Bardahl juga eksis membuat testimoni mengenai keunggulan produk-produknya.

Pudji menuturkan bahwa produk pelumas dan aditif Bardahl sudah sesuai dengan spesifikasi dan kategori layanan terbaru dari American Petroleum Institute (API SP). 

API SP akan sepenuhnya kompatibel dengan kategori layanan API sebelumnya, termasuk API SN Plus, SN, SM, SL atau SJ. Sementara itu, ILSAC GF-6 berlaku untuk kelas viskositas hemat bahan bakar.

Beberapa varian produk Bardahl untuk mesin gasoline (bensin) antara lain XTC S9 (Fully Synthetic Engine Oil, SAE 5W-40 & 5W-30, API SP). 

Dengan keunggulan stabilitas kekentalan yang sangat baik dan menjamin konsistensi viskositas yang dapat mengurangi konsumsi oli dan sangat cocok untuk mesin berteknologi jet oil. Varian lainnya adalah XTC S5 (Synthetic Motor Oil, SAE 5W30 & 10W30, API SP) yang cocok untuk mobil penumpang, MPV, SUV, dan mesin turbocharger. 

Untuk mesin diesel terdapat varian HVP C7 (Premium Synthetic Heavy Duty Diesel Engine Oil, 5W-30, 10W-40, API CI-4/SL). Sementara itu, untuk oli transmisi dan gear terdapat jenis XTG 5000, yaitu pelumas roda gigi serbaguna dengan kualitas premium. 

Di Indonesia, menurutnya, Bardahl pernah menggandeng salah satu komunitas kendaraan roda dua untuk menuntaskan kegiatan Jelajah Negeri dengan melakukan perjalanan sejauh 10.000 kilometer (km) tanpa ganti oli. Padahal, pada umumnya rekomendasi untuk penggunaan oli sepeda motor maksimal hanya 3.000 km.

Aktivitas ini bertujuan untuk menguji performa Bardahl Additives & Lubricants yang diiukuti oleh 15 kendaraan bermotor dan memulai perjalanan dalam dua etape, yaitu Jakarta – Lombok – Jakarta dan Jakarta – Sabang – Jakarta. Etape pertama menempuh perjalanan antara Jakarta – Lombok – Jakarta, dilanjutkan etape kedua menuju Sabang, Aceh dan kembali lagi ke Jakarta.

Melalui kegiatan ini, komunitas NMax Riders membuktikan ketangguhan oli asal AS dengan kandungan formulasi yang mumpuni. Capaian perjalanan 10.000 km tanpa ganti oli juga menjadi rekor terbaru pada tahun 2017.

Menurutnya, Bardahl juga melakukan uji mesin berjalan tanpa pelumas (engine no oil run). Hal ini, katanya, sering dilakukan untuk membuktikan ketangguhan Bardahl Additives & Lubricants dengan menggandeng komunitas kendaraan roda empat (mobil).

Pudjijarto menjelaskan uji engine no oil run dengan menggunakan oli merek lainnya, maka mesin perlu jeda (overhead) setelah mobil berjalan kurang dari 10 km. Namun, uji engine no oil run dengan menggunakan Bardahl Additives & Lubricants, maka mobil dapat terus melaju tanpa kendala.

Dia menambahkan, ke depan pihaknya akan menggandeng komunitas dan event otomotif untuk menggenjot pemasaran produk pelumas dan aditif Bardahl.

“Kami juga masih membuka peluang kerja sama untuk distributor di Jawa dan luar Pulau Jawa. Jika berminat bisa segera menghubungi kami melalui email cs@bardahl.co.id, Whatsapp +62 811 280 811 atau kunjungi www.bardahl.co.id,” kata Pudjijarto Sutjipto sembari promosi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×