kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Medikaloka Hermina siap operasikan rumahsakit anyar lagi


Senin, 13 Agustus 2018 / 21:01 WIB
Medikaloka Hermina siap operasikan rumahsakit anyar lagi
ILUSTRASI. Paparan publik rencana IPO Medikaloka Hermina


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Medikaloka Hermina Tbk sudah agendakan tambah empat rumah sakit baru sampai akhir tahun. Dari target tersebut, baru satu yang terealisasi yang baru-baru ini dibuka di Samarinda yang menelan biaya Rp 75 miliar.

Hasmoro, Direktur Utama PT Medikaloka Hermina Tbk menyatakan bahwa sampai akhir tahun nanti, perusahaan akan memiliki 32 rumah sakit. Adapun tahun ini telah terealisasi satu rumah sakit baru yang telah dibuka di Samarinda. “Minggu depan juga akan pembukaan di Jakabari, Palembang,” ujarnya kepada kontan.co.id, Senin (13/8).

Sedangkan dua lainnya akan dibuka pada September di Lampung dan November di Padang.

Dari empat rumahsakit tersebut, tiga diantaranya adalah rumah sakit yang dibangun dari awal. Sedangkan satu rumah sakit yang berlokasi di Lampung hasil akuisisi. Sehingga secara total tahun ini, perusahaan ini akan memiliki 32 rumah sakit.

Dari 32 rumah sakit tersebut, delapan diantaranya merupakan hasil akuisisi. Sedangkan sisanya pembangunan dari awal.

Hasmoro mengungkapkan bahwa untuk akuisisi rumah sakit yang berada di Lampung menelan biaya Rp 75 miliar. “Untuk yang bangun baru nilainya juga sekitar itu, Rp 70 miliar – Rp 75 miliar,” ujarnya.

Adapaun sebelumya, emiten dengan kode saham HEAL di Bursa Efek Indonesia (BEI) tersebut telah mendapatkan dana sebesar Rp 1,3 triliun hasil penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO). Dari dana tersebut 25% atau sekitar Rp 325 miliar digunakan untuk menambah empat rumah sakit baru.

Selain menambah rumah sakit, HEAL juga akan menambah kapasitas tempat tidur. Hasmoro menyebutkan bahwa saat ini kapasitas tempat tidur rumah sakit hampir 3.000 unit dan akan ditambahkan 200 unit tempat tidur.

Ia menjelaskan penambahan kapasitas tempat tidur tersebut karena rata-rata bed occupancy rate (BOR) mencapai 65%. “Jadi kalau sudah 70% kami tambahkan kapasitasnya,” ungkapnya.

Adapun beberapa rumah sakit yang ditambahkan kapasitasnya ada di Bekasi, Depok, Tangerang, dan Bogor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×