kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,79   -11,72   -1.25%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menhub sosialisasikan keselamatan berkendara


Minggu, 22 Oktober 2017 / 14:49 WIB
Menhub sosialisasikan keselamatan berkendara


Reporter: Tantyo Prasetya | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau kepada para masyarakat untuk menjaga keselamatan dalam berkendara lewat pesan kurangi kecepatan, maka nyawa akan terselamatkan yang disampaikan dalam Acara Puncak Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2017 di Taman Mini Indonesia Indah.

"Ada suatu riset bahwasanya apabila pengendara dengan sadar mengurangi 5% dari kecepatan rata-rata kendaraan, bisa mengurangi 30% kecelakaan lalu lintas yang fatal," jelas Menhub lewat siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Minggu (22/10).

Menurut Menhub, semua pengendara harus memiliki pemikiran untuk dapat mengatur kecepatan kendaraan dengan kemampuan berkendaraannya.

"Mereka (pengendara) harus mengingat bahwa kecepatan itu harus dikendalikan dengan kemampuan (berkendara)-nya" ujar Menhub.

Menhub juga menjelaskan peraturan tentang penetapan batas kecepatan kendaraan yang tertuang dalam PM 111 Tahun 2015.

Dalam peraturan tersebut diatur bahwa untuk kawasan pemukiman kecepatan paling tinggi adalah 30km/jam, di kawasan perkotaan 50km/jam, dan di jalan antar kota 80km/jam. Untuk jalan bebas hambatan paling rendah 60km/jam dan paling tinggi 100km/jam.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan data kecelakaan Polri tahun 2016. Menurut data data tersebut, jumlah kejadian kecelakaan sebanyak 108.374 kejadian dengan korban meninggal dunia 25.859 jiwa.

"Jika dihitung dalam 1 hari rata-rata sekitar 70 - 71 jiwa atau 2 - 3 orang tiap jamnya meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas," tambah Menhub.

Namun, dengan adanya kerja sama Kemenhub dengan para stakeholder transportasi, Menhub mengapresiasi turunnya angka kecelakaan tahun ini.

"Namun saya apresiasi stakeholder transportasi di antaranya Polri, Jasa Raharja dan stakeholder lainnya, tahun ini kita bisa tekan angka kecelakaan kira-kira 30%," lanjut Menhub.

Adapun dalam Acara Puncak Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2017, Kementerian perhubungan mengajak anak-anak untuk berpartisipasi melalui pawai keselamatan anak Sekolah Dasar (SD), penampilan dari perhubungan cilik, marching band Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), serta lomba melukis anak.




TERBARU

[X]
×