kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45902,60   -24,13   -2.60%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Michelin gelar kampanye keselamatan berkendara


Minggu, 01 Desember 2013 / 14:36 WIB
Michelin gelar kampanye keselamatan berkendara
ILUSTRASI. Petugas memperhatikan pergerakan harga surat berharga pada layar digital di Jakarta. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Dikky Setiawan | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Produsen ban asal Perancis, PT Michelin Indonesia (Michelin) menggandeng Kepolisian Daerah Khusus Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) menggelar kampanye keselamatan berkendara dengan tajuk "Road Safety Day" di Lapangan Polda Metro Jaya, Jakarta.

Acara Road Safety ini dimulai dengan kegiatan Fun Bike yang dibuka secara resmi oleh \Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Chryshnanda Dwilaksana, Asisten Deputi Gubernur DKI, Usmayadi dan Country Director PT Michelin Indonesia, Jean-Charles Simon.

Country Director PT Michelin Indonesia, Jean-Charles Simon menjelaskan, Michelin memiliki tanggungjawab dan komitmen sosial untuk menghadirkan mobilitas yang aman dan berkelanjutan.

“Program Road Safety ini untuk mendukung program Kepolisian dalam mengkampanyekan Keamanan Berkendara. Salah satu bentuk dukungan adalah dengan menyediakan media pengajaran dalam bentuk buku/komik tentang Road Safety,” kata Simon dalam rilisnya, Minggu (1/12).

Menurut Simon, Michelin memfokuskan program road safety pada dua hal, yaitu pengecekan ban secara berkala (Fill Up with Air) dan edukasi untuk anak usia sekolah.

Hal ini bertujuan untuk menanamkan kedisiplinan berlalu lintas sejak dini kepada anak. Tujuannya, agar sejak dini, anak lebih memahami tentang peraturan dan tata tertib berlalu lintas. Selain itu, anak dan remaja sering menjadi korban dalam kecelakaan.

Kampanye Road Safety ini, lanjut Simon, sejalan dengan komitmen dan konsistensi Michelin dalam menghadirkan produk ban terbaik dengan berorientasi pada tiga aspek utama yaitu aman (safety) memiliki daya tahan tinggi (longevity) dan ramah lingkungan (fuel saving).

"Ban merupakan aspek penting dalam keselamatan berkendara di jalan raya. Dengan memahami karakter ban dan melakukan cek kondisi ban secara berkala, pengemudi dapat mengurangi risiko berkendara. Oleh karena itu Michelin akan terus melanjutkan Kampanye Road Safety ini untuk Indonesia yang lebih baik," ujar Simon.

Dia bilang, sejak berdiri resmi di Indonesia, 3 tahun yang lalu, Michelin di Indonesia telah menggelar Kampanye Road Safety.

Kombes Chryshnanda Dwilaksana menimpali, keselamatan berkendara di jalan raya dapat diwujudkan bila masyarakat sebagai pengguna jalan memahami dan sadar terhadap tata cara berlalu lintas yang baik.

“Melalui edukasi yang kontinyu dan menjangkau seluruh kalangan masyarakat,  risiko berkendara akan dapat ditekan,” katanya.

Ia menambahkan, upaya untuk menekan tingginya angka kecelakaan di jalan raya merupakan tugas dan tanggung jawab seluruh warga negara, termasuk para pelaku usaha. Oleh karena itu Polda Metro akan selalu mendukung Kampanye Road Safety yang dilaksanakan bersama dengan Michelin Indonesia.

Tingginya angka kecelakaan

Menurut data Kepolisian, di tahun 2012 total kecelakaan lalu lintas mencapai 109.038 kasus dengan korban meninggal dunia sebanyak 25.131 orang. Artinya dalam sehari terdapat 81 orang meninggal atau 3 orang  per jam.

Selain disebabkan oleh tingginya pertumbuhan kendaraan bermotor, faktor kesalahan manusia (human error) turut berperan besar terhadap terjadinya kecelakaan di Indonesia.

Rendahnya kesadaran berlalu lintas dan pemahaman yang terbatas mengenai keamanan berkendara (road safety) merupakan beberapa masalah mendasar yang harus segera diatasi.

DKI Jakarta merupakan wilayah dengan populasi kendaraan bermotor tertinggi di Indonesia. Tahun ini misalnya, dari total penjualan mobil yang diperkirakan mencapai 1,2 juta unit (data Gaikindo) dan motor mendekati 8 juta unit (data AISI) sebagian besar terkonsentrasi di Jakarta.

Chryshnanda mengatakan, jumlah kecelakaan di DKI Jakarta selama tahun 2013 mencapai sebanyak 5.959 kejadian dengan korban meninggal sebanyak 616 orang. Dari jumlah tersebut penyebab terbesar kecelakaan adalah pengemudi lengah.

"Sebagai ibukota negara dan pusat bisnis, risiko lalu lintas di Jakarta semakin tinggi. Karena itu Polda Metro secara konsisten menggelar berbagai operasi zebra untuk meningkatkan ketertiban dan kesadaran berlalu lintas. Mulai 28 November sampai 11 Desember Polda Metro menggelar operasi Zebra 2013," ujarnya.

Ketua Umum Road Safety Association (RSA) Indonesia, Edo Rusyanto menambahkan, peran pelaku usaha seperti Michelin dalam mengkampanyekan road safety sangat penting dan dibutuhkan oleh masyarakat. Kampanye road safety dapat lebih massif jika menyinergikan seluruh pemangku kepentingan keselamatan jalan dengan masyarakat.

Korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas yang mencapai 80-an jiwa per hari juga menimbulkan dampak sosial dan ekonomi. Bahkan, kerugian ekonomi secara langsung dan tidak langsung mencapai Rp 200 triliun per tahun.

"Salah satu jurus menanamkan kesadaran berlalu lintas jalan yang aman dan selamat adalah melalui edukasi dan kampanye secara berkelanjutan di sekolah-sekolah," jelas Edo. 

Sejak 2007, RSA Indonesia mengkampanyekan keamanan dan keselamatan berkendara di jalan raya demi kehidupan keluarga Indonesia yang lebih baik.

Selain edukasi, kata Edo, butuh penegakan hukum yang tegas, konsisten, kredibel, transparan, dan tidak pandang bulu.

"Hal itu mutlak karena pemicu kecelakaan dominan oleh perilaku berkendara tidak tertib," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×