kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar Ponsel Pintar Semakin Sesak


Sabtu, 31 Juli 2010 / 07:10 WIB
Pasar Ponsel Pintar Semakin Sesak


Reporter: Gloria Haraito |



JAKARTA. Pasar ponsel pintar di paruh kedua makin ramai saja. Rabu silam (28/7), Research In Motion (RIM) baru meluncurkan BlackBerry Pearl 3G. Gregory Wade, Direktur Pengelola RIM Asia Tenggara mengatakan, seri Pearl akan tersedia di pasar Indonesia akhir Agustus mendatang. Seri Pearl ini akan menjadi BlackBerry terkecil di Indonesia. Sekadar gambaran, ponsel ini memiliki bobot 108x50x13,3 milimeter dengan berat 93 gram. Rumor di milis BlackBerry mengatakan, ponsel ini dibanderol sekitar Rp 3 juta sampai Rp 4 juta per unit.

"Meski BlackBerry Pearl berukuran kecil, namun berperforma tinggi. Ponsel ini didukung jaringan 3G, wifi, GPS, layar beresolusi tinggi, serta prosesor yang mampu menampilkan visual dengan jernih dan tajam," terang Gregory dalam rilis yang diterima KONTAN, Kamis (29/7).

BlackBerry Pearl menampilkan keyboard 14 tuts dengan software SureType yang memungkinkan pengguna mengetik dengan cepat dan akurat. Ponsel ini juga didukung oleh optical trackpad yang memudahkan navigasi serta tombol khusus untuk media.

Sama seperti seri BlackBerry yang sudah ada, BlackBerry Pearl juga menerapkan teknologi push mail, pesan instan BlackBerry Messenger, serta aplikasi jejaring sosial yang banyak digemari penggunanya. Ponsel ini menggunakan prosesor 624 mMhz, flash memory 256 MB, dan layar beresolusi 238 ppi. Adapun pemutar video, gambar, dan musik mampu memainkan media hingga 30 jam. Ada pula program BlackBerry Media Sync untuk menyelaraskan foto, iTunes, dan Windows Media Player.

Oh ya, ponsel ini juga menyematkan kamera 3,2 megapixel. Kamera ini dilengkapi fitur zoom, autofocus, flash, dan video recording. Ponsel ini juga dilengkapi dengan GPS untuk melengkapi aplikasi yang berbasis lokasi. Kapasitas memori MicroSD/SDHD bisa menyimpan data hingga 32 GB. Pengguna juga bisa memasang berbagai aplikasi khusus untuk BlackBerry dengan adanya akses BlackBerry App World dan BlackBerry OS 5. Ponsel ini menggunakan baterai 1150 yang mampu menyala hingga 5,5 jam.

Android jalan terus

Sebagai tandingannya, pekan silam PT Samsung Electronics Indonesia juga telah meluncurkan Galaxy S android. Samsung Galaxy S merupakan ponsel pintar dengan layar Super Amoled empat inci. Ponsel ini menggunakan prosesor 1 GHz. Tersedia pula aplikasi Social Hub yang memungkinkan pengguna terhubung melalui jejaring sosial. Ponsel ini menerapkan teknologi layar sentuh dan Mobile Digital Natural Image Engine. Menurut Pambudi SUdirman, Manajer Produk Ponsel Samsung, teknologi ini memungkinkan ponsel menghasilkan gambar yang tajam pada foto, video, dan dan buku elektronik. "Teknologi ini juga memungkinkan pengguna merekam, mengedit, dan memutar video HD," kata Pambudi.

Galaxy S menyematkan layar Reality Browser yang dilengkapi dengan mesin pencari lokasi secara cepat. Ada pula fitur Daily Briefing yang memungkinkan pengguna mengakses cepat keadaan cuaca, berita, saham, dan jadwal lainnya. Untuk memudahkan pekerjaan, pengguna bisa memakai Write and Go, fitur untuk menulis terlebih dulu kemudian memasukkannya ke dalam format SMS, MMS, email, kalendar, atau memo. Fitur unggulan lain ialah Swype, yakni aplikasi mengetik sambil bergerak.

Pambudi mengatakan, Samsung meluncurkan Galaxy S terkait dengan visi Samsung menyediakan ponsel pintar bagi semua orang. Masuknya Samsung ke segmen ini juga seiring dengan tren penjualan ponsel pintar global yang akan tumbuh dua kali lipat tahun 2013. Sementara ponsel pintar memakan porsi 25% dari total ponsel.

"Setengah dari pembeli ponsel merupakan pembeli baru, ini membuktikan ponsel pintar memiliki daya pikat untuk segmen atas dan pengguna awal," ujar Pambudi. Ponsel ini dibanderol Rp 6,499 juta per unit. Mengingat pasar android masih baru, Samsung belum berani pasang target penjualan.

Di sisi lain, kehadiran iPhone 4 di Tanah Air pun kian dekat. Jumat ini (30/7), iPhone 4 meluncur di Singapura. Lalu, iPhone 4 juga akan rilis di Australia, Austria, Belgia, Swedia, Kanada, Denmark, Spanyol, Finlandia, Hong Kong, Irlandia, Italia, Luksemburg, Belanda, Norwegia, Selandia Baru, dan Swiss. Sampai saat ini iPhone 4 baru didistribusikan ke Prancis, Inggris, Jerman, Jepang, dan AS.

Kapan giliran Indonesia? "Masih belum tahu, belum ada instruksi dari Apple pusat," ujar Handy, Asisten Manajer Toko iBox Senayan City. Di AS, harga iPhone 4 16 gigabyte mencapai US$ 199 per unit dan US$ 299 per unit untuk kapasitas 32 GB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×