kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelayaran BKI Diakui Tokyo MoU 2023


Selasa, 07 Mei 2024 / 17:45 WIB
Pelayaran BKI Diakui Tokyo MoU 2023
ILUSTRASI. Arisudono Soerono, Direktur Utama PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) atau IDSurvey. 


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Jane Aprilyani

KONTAN.CO.ID - Dalam pengembangan bisnisnya, PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai Lead Holding BUMN Jasa Survei, IDSurvey berhasil mempertahankan kembali kategori High Performance sebagai Recognized Organization (RO) pada Laporan Tahunan Tokyo Mou 2023. Pada Laporan tersebut juga diketahui bahwa Indonesia kembali masuk daftar putih atau White List.

Direktur Utama PT BKI (Persero), Arisudono Soerono mengatakan dengan mendapatkan pengakuan Internasional menunjukkan keberhasilan Indonesia mempertahankan status White List selama tiga tahun berturut turut yakni tahun 2021, 2022 dan 2023.

“Dengan masuknya Indonesia ke dalam White List Tokyo MoU menunjukkan pengakuan dunia terhadap armada kapal Indonesia yang berlayar ke luar negeri terkait aspek antara lain aspek keselamatan dan keamanan pelayaran di Indonesia,” kata Arisudono dalam keterangan yang diterima KONTAN, Selasa (7/5).

Baca Juga: IDSurvey Dukung Pertumbuhan Industri Manufaktur Nasional pada Masa Depan

BKI sebagai badan klasifikasi Nasional dalam beberapa tahun kebelakang senantiasa berupaya dan bersinergi dengan Kementerian Perhubungan serta seluruh stakeholder untuk menjaga predikat white-list Indonesia melalui seminar dan diskusi, yang juga turut didukung oleh Kemenkomarinves dan INSA. 

"Hal ini menunjukkan komitmen BKI dalam mendukung pelayaran dan maritim di Indonesia untuk mencapai go global,” bebernya.

Dia pun akan meningkatkan serta menguatkan upaya-upaya kinerja untuk mencapai target yang ditetapkan oleh Kementerian BUMN. "Kita akan meningkatkan dan menguatkan upaya-upaya yang telah dilakukan demi mencapai tujuan dan target yang telah ditetapkan oleh Kementerian BUMN kepada IDSurvey/PT BKI,” imbuh Arisudono.

Lanjutnya, sebagai induk dari Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey BKI bakal membidik proses bergabung menjadi anggota International Association of Classification Societies (IACS). November 2023. Pasalnya, BKI berstatus sebagai applicant untuk keanggotaan IACS.

"BKI untuk menjadi anggota IACS akan meningkatkan kepercayaan dan kualitas internasional terhadap aspek keselamatan serta keamanan pelayaran di Indonesia," ujarnya.

Baca Juga: KBUMN Lakukan Perubahan Sususan Direksi dan Komisaris SUCOFINDO

Selanjutnya: Rupiah Hari Ini Melemah 0,13%, Simak Sentimen dan Proyeksinya untuk Rabu (8/5)

Menarik Dibaca: Jadi Buah Viral, Ketahui 8 Manfaat Buah Black Sapote untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×