kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perkuat bisnis, MABA akuisisi ABMA


Jumat, 20 Oktober 2017 / 13:31 WIB
Perkuat bisnis, MABA akuisisi ABMA


Reporter: Agatha Claudia Pascal | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Marga Abhinaya Abadi Tbk (MABA) berencana mengakuisisi PT Anugerah Berkah Madani. Akuisisi tersebut dengan cara penyetoran dalam bentuk lain, selain uang, tapi berupa saham PT Saligading Bersama. Yaitu sebanyak 98,34% saham milik PT Saligading Bersama.

Lola Arieza, Direktur Finance Marga Abhinaya Abadi mengatakan, akuisisi emiten berkode MABA terhadap Anugerah Berkah Madani. itu pada dasarnya merupakan sebuah sinergi usaha.

"Proyeksi kami setelah rencana transaksi, pada tahun 2018 laba bersih yang awalnya minus Rp 16 miliar, bisa menjadi positif Rp 788 miliar," kata Lola, Kamis (19/10).

Anugerah Berkah Madani merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pembangunan dan pengembangan perumahan (real estat) rumah susun (apartemen), perkantoran, pertokoan pusat niaga dan sejenisnya.

Kegiatan usaha perhotelan serta restoran MABA dengan entitas anak perseroan ini akan memiliki hasil yang signifikan, bila terjadi konsolidasi kegiatan. Konsolidasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan nilai Marga Abhinaya Abadi yang bersumber dari peningkatan nilai aset dan proyeksi pertumbuhan. Juga dapat memperkuat sumber pendapatan, dengan adanya kombinasi antara pendapatan dari aset properti dan pendapatan berulang (recurring income) dari kontribusi hotel dan restoran.

Anugerah Berkah Madani dengan tiga entitas anaknya menguasai sekitar 48 hektare (ha) lahan yang berlokasi di Jakarta Selatan, Kota Tangerang, Bogor dan Surabaya. Lahan tesebut akan dimanfaatkan sebagai proyek superblok yang terdiri dari apartemen, gedung kantor, function hall, daerah komersial dan hotel bintang dua hingga bintang lima.

Jika rencana pengambil-alihan Anugerah Berkah Madani, MABA dapat memanfaatkan lahan dalam pengembangan tersebut untuk melakukan ekspansi usaha perhotelan dan restoran.

Jumlah saham yang direncanakan untuk diterbitkan sebanyak-banyaknya 15 miliar unit saham yang akan ditawarkan melalui Penambahan Modal Tanpa Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (THMETD). Jumlah itu setara 253,16 % dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam MABA.

MABA tercatat sudah memiliki beberapa hotel. Sebut saja Alium, hotel bintang empat berada di Tangerang. Lalu Hotel Alium bintang empat di Cepu dan hotel Ami, bintang lima di Cepu.

Sejak tahun 2016 lalu, MABA juga sudah mengembangkan beberapa hotel lain, seperti hotel bintang lima di Medan dan hotel bintang tiga di Yogyakarta. Untuk hotel di Medan MABA mengeluarkan biaya investasi sebesar Rp 160 miliar. Sementara di Yogyakarta, MABA merobek kocek sebesar Rp 90 miliar.

MABA juga memiliki rencana menambah lokasi di Medan. Sebelumnya sudah ada landbank seluas 2,5 ha dan akan diperluas lagi.Anugerah Berkah Madani sendiri menguasai sekitar 48 ha landbank dan masih berencana menambah, terutama untuk Surabaya, Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×