kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,44   -4,07   -0.44%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perkuat infrastruktur LNG, PGAS menjaring pasar di bisnis gas alam cair


Kamis, 14 November 2019 / 18:27 WIB
Perkuat infrastruktur LNG, PGAS menjaring pasar di bisnis gas alam cair
ILUSTRASI. Floating Storage Regasification Unit (FSRU) Perusahaan Gas Negara (PGN) Lampung menerima kargo LNG kedua dari Kilang LNG Tangguh, di Pantai Labuan Maringgai, Lampung, Minggu (24/4/2016). PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS) telah resmi menangani bisnis ga


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS, anggota indeks Kompas100) telah resmi menangani bisnis gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG). Sejak pertengahan tahun 2019, sub holding gas plat merah ini mendapat mandat dari PT Pertamina (Persero) selaku holding migas BUMN untuk mengelola bisnis LNG secara end-to-end.

Dengan tugas tersebut, PGAS pun dituntut untuk memperkuat pasokan sembari menjaring pasar. Karenanya, Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Syahrial Muktar mengungkapkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk memprioritaskan kebutuhan domestik, sembari melakukan pengembangan bisnis gas dan LNG di pasar global.

Baca Juga: Elnusa (ELSA) jajaki peluang seismic multiklien bareng perusahaan asal Norwegia

"Sejauh ini porsinya masih dominan untuk domestik. Ke depan kami berharap bisnis global dapat memberikan porsi yang lebih besar," ujar Syahrial kepada Kontan.co.id, Kamis (14/11).

Di pasar domestik, Syahrial bilang bahwa PGAS memiliki pelanggan LNG yang bervariasi. Mulai dari industri, komersial, rumah tangga, hingga untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan PT PLN (Persero).

Untuk pasar ekspor, sambung Syahrial, PGAS menargetkan sejumlah negara sebagai prioritas. Antara lain negara-negara di kawasan ASEAN, Asia Selatan, China, Amerika Serikat dan Eropa. "Tahun depan kami mengharapkan bisa menjual sampai dengan 1 MTPA (juta ton LNG per tahun) untuk LNG trading baik domestik maupun global," terang Syahrial.

Awal pekan lalu, PGAS baru saja menandatangani perjanjian jual beli LNG dengan Sinopec. Kerjasama dengan salah satu perusahaan energi terbesar di China ini disebut sebagai milestone penting bagi PGAS untuk memainkan perannya sebagai sub holding gas BUMN di kancah global.

Baca Juga: Top line hanya naik tipis di kuartal III, Garuda Metalindo revisi target penjualan

Menurut Syahrial, PGAS dan Sinopec akan mengembangkan kerjasama jangka menengah dan jangka panjang. Sebagai permulaan, Syahrial menyebut Sinopec membutuhkan LNG minimal 6 kargo untuk tahun 2020. "Transaksinya menggunakan market price," imbuhnya.

Syahrial bilang, China merupakan pasar yang strategis dengan demand yang besar dan kebutuhan infrastruktur LNG yang tinggi. Sehingga, di Negeri Panda ini, PGAS tak hanya mengembangkan bisnis LNG di sektor trading, tapi juga di lini infrastruktur LNG.

"Kami akan berkolaborasi dengan pemain LNG utama di China untuk pengembangan bisnis LNG di sana. Harapannya, kami bisa mengeksplorasi potensi penjualan LNG dan pengembangan infrastruktur LNG secara lebih jauh dari mulai terminal, skala-skala kecil, bungker, dan sebagainya," terang Syahrial.

Sebagai sub holding gas yang saat ini diberi mandat untuk mengurusi bisnis LNG, PGAS pun tengah memperkuat infrastruktur penyokong bisnis gas alam cair ini.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×