kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN datangkan genset ke Sula


Kamis, 20 Juli 2017 / 19:08 WIB
PLN datangkan genset ke Sula


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Markus Sumartomjon

JAKARTA. Pasca terbakarnya lima mesin sewa di Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, Rabu malam (19/7), PLN segera mendatangkan genset dari sejumlah daerah di Maluku dan Maluku Utara. Genset-genset ini akan digunakan untuk menyokong kebutuhan listrik sementara di daerah tersebut.

Adapun pemulihan listrik akan dilakukan secara bertahap. Sebanyak 17 genset berkapasitas total 780 kW tengah disiapkan untuk diberangkatkan Kamis (19/7) dan diperkirakan tiba pada Minggu (23/7).

Manajer Bidang SDM dan Umum Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Eddy Irawan mengatakan, genset ini akan digunakan untuk menyuplai kebutuhan listrik di lokasi vital, seperti rumah sakit, kantor pemerintah, dan sebagainya. Sementara genset 1 x 500 kW dari Dofa yang diberangkatkan Kamis (20/7) dan genset 1 x 1.000 kW dari Ternate yang diberangkatkan Jumat (21/7) akan digunakan untuk menyuplai kebutuhan listrik masyarakat setempat.

"Untuk mencapai Kepulauan Sula, mesin-mesin genset tak hanya menempuh perjalanan darat namun juga perjalanan laut selama 36-48 jam," terangnya melalui siaran tertulis, Kamis (20/7).

Selain mendatangkan genset, sedikitnya 40 personel PLN yang terdiri dari tim teknis dan tim non teknis pun diturunkan guna mempercepat pemulihan listrik. Personel-personel ini berasal dari PLN Area Ambon, Sofifi, Masohi, dan Ternate.

Dalam menghadapi kondisi darurat ini, kata Eddy, PLN tengah berkoordinasi dengan Polres, bupati, DPRD, dan instansi-instansi lain setempat. Guna mendukung kebutuhan listrik dan air masyarakat, PLN membangun posko di sejumlah titik.

“Penyebab terbakarnya PLTD masih dalam penyelidikan aparat. PLN mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. PLN akan bergerak cepat untuk memulihkan kondisi kelistrikan di Kepulauan Sula. Kami telah berkoordinasi dengan sejumah pihak,” ungkapnya.

Kelima mesin PLTD yang terbakar merupakan pembangkit yang dimiliki dan dioperasikan oleh PT Makasar Energi Powerindo. 4 mesin yang masing-masing berkapasitas 1.000 kW dan 1 mesin berkapasitas 500 kW ini merupakan sumber listrik sekitar 14.000 pelanggan di Kepulauan Sula. Hingga Juni 2018, kepulauan yang terletak di Maluku Utara ini memiliki Daya Mampu sebesar 3.800 kW dengan Beban Puncak 3.100 kW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×