kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN Disjaya pastikan pasokan listrik Asian Games aman


Minggu, 18 Maret 2018 / 15:33 WIB
PLN Disjaya pastikan pasokan listrik Asian Games aman
ILUSTRASI. Apel Pasukan PLN


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam rangka menyukseskan Asian Games 2018 di Jakarta, PT PLN Disjaya tengah menyiapkan pasokan kelistrikan yang andal bagi venue-venue pertandingan dengan sistem pengamanan setidaknya tiga lapis.

General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) M. Ikhsan Asa’ad mengatakan listrik akan dipasok dari dua sumber. Di luar itu, PLN juga menyediakan UPS sebanyak enam buah dengan kapasitas masing-masing 500kVA, dan 30 buah dengan kapasitas masing-masing 30 kVA.

"Dengan sistem berlapis seperti itu, kedip pun tidak akan terjadi," terang Ikhsan dalam siaran pers yang diterima KONTAN, Minggu (18/3).

Pada Jumat, pekan lalu, PLN Disjaya mengadakan pertemuan singkat dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. Dalam pertemuan itu, Sandiaga meminta dukungan PLN dalam rangka menyukseskan Asian Games 2018 di Jakarta, khususnya dari segi pasokan listrik.

“Saat pertandingan di Asian Games, pasokan listrik harus andal, kedip pun jangan Pak. Saya berharap PLN dapat menyediakan teknologi terkini untuk menjamin hal tersebut," ungkap Sandiaga.

PLN menyanggupi hal tersebut dengan menyampaikan teknis dan infrastruktur yang disediakan oleh PLN.

Selain pasokan Asian Games, dialog tersebut juga membahas isu strategis lainnya, seperti tambahan pasokan listrik bagi Kepulauan Seribu. 

Kunjungan Wagub DKI beberapa waktu lalu ke kawasan Pulau Seribu membawa beberapa catatan, diantaranya soal pasokan listrik.

Sandiaga juga meminta kerjasama PLN dalam meningkatkan infrastruktur kelistrikan, khususnya bagi Kepulauan Seribu. “Dari review kunjungan kami beberapa waktu lalu, perlu dilakukan penambahan pasokan listrik sebagai antisipasi meningkatnya demand terhadap wisata Pulau Seribu. Hal ini perlu dibicarakan dengan pihak PLN terkait apa saja yang dapat dikolaborasikan, dan juga penggunaan energi terbarukan dalam memenuhi kebutuhan listrik tersebut,” ungkap Sandiaga.

Ikhsan menambahkan PLN siap meningkatkan infrastruktur kelistrikan bagi Kepulauan Seribu. Ia mengklaim kabel laut yang ada saat ini akan diperbarui, sehingga pasokan listrik tidak sering mengalami gangguan.

"Selain itu, kami juga akan memback-up kabel milik pemda setempat yang ada di sana. Dan kami minta izin agar dapat diberikan lahan gardu, supaya dapat menambah keandalan pasokan listrik kepulauan seribu, dikarenakan yang ada saat ini sudah tua dan banyak kerusakan," terang Ikhsan.

Disamping penggantian kabel dan penambahan gardu, PLN juga memperhatikan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) untuk pasokan listrik di kawasan pulau terluar. Khususnya Kepulauan Seribu. “PLN tengah menjajaki pemasangan instalasi energi listrik bertenaga surya di Pulau Sebira. Sebaiknya tidak lagi menggunakan genset, karena akan mencemari lingkungan sekitar dan menimbulkan biaya yang terlalu tinggi," tandas Ikhsan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×