kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pos Indonesia bidik bisnis hotel


Senin, 05 November 2012 / 09:15 WIB
Pos Indonesia bidik bisnis hotel
ILUSTRASI. Foto aerial Patung Suro dan Boyo berdiri megah di Taman Suroboyo, Kenjeran, Surabaya, Selasa (28/5). Cuaca hari ini di Jawa dan Bali cerah berawan hingga hujan sedang, menurut prakiraan BMKG. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Markus Sumartomjon

JAKARTA. Pos Indonesia mulai serius menggarap bisnis properti. Dalam waktu dekat, perusahaan plat merah ini bakal membangun dua hotel bintang tiga di Bandung. Tepatnya di Jalan Pahlawan dan Jalan Cihampelas.

Menurut I Ketut Mardjana, Direktur Utama PT Pos Indonesia, pihaknya saat ini tengah mengurus izin pembangunan kedua hotel tersebut. "Kami memanfaatkan lahan kosong milik sendiri supaya bisa memberi kontribusi bagi PT Pos Indonesia," katanya kepada KONTAN.

Untuk membangun kedua hotel tersebut, PT Pos sudah menganggarkan dana sebesar Rp 110 miliar. Dana tersebut berasal dari kas internal sebesar 40%. Sisanya berasal dari pinjaman perbankan. Namun Ketut belum mau membocorkan jati diri si bank.

Yang pasti, hotel yang bakal dibangun awal tahun nanti bakal berdiri di atas lahan seluas 2.000 m2 sampai 3.000 m2. Satu hotel akan punya kapasitas 100 kamar.

Ketut menargetkan tingkat okupansi hotel ini sebesar 20%-35% per hotelnya. "Kami tidak pasang target tinggi karena kami masih baru di bisnis ini," katanya.

Ketut tahu, persaingan hotel di kota kembang amat ketat. Untuk itu, ia bakal melengkapi hotel yang dikelola PT Pos ini dengan fasilitas restoran. Sayang, Ketut tidak mau menjelaskan secara detil konsep dari restoran tersebut.

Kiprah PT Pos di bisnis hotel tidak berhenti di dua hotel ini. Ke depan, PT Pos bakal giat menambah pembangunan hotel. Namun Ketut enggan menyebut jumlah hotel yang bakal di bangun PT Pos. Yang pasti untuk hotel ketiga dan selanjutnya, PT Pos bakal menggandeng operator hotel.

Rencana besar lainya adalah pelepasan saham perdana PT Pos yang direncanakan tahun depan. Salah satu tujuanya  untuk memperkuat teknologi di setiap cabang PT Pos di daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×