: WIB    —   
indikator  I  

Rudiantara pangkas proses impor ponsel jadi 2 hari

Rudiantara pangkas proses impor ponsel jadi 2 hari

KONTAN.CO.ID - Ponsel impor kerap kali membutuhkan proses yang cukup lama untuk masuk ke pasaran. Rumit dan lamanya proses impor perangkat telekomunikasi tersebut tak ayal membuat tata niaga sektor ini kembali dievaluasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan pemerintah kembali mengevaluasi deregulasi ekspor dan impor untuk ponsel. Ia bilang, pihaknya tengah melakukan deregulasi dengan memotong proses uji sertifikasi ponsel merek global.

Ia bilang, selama ini uji sertifikasi membuat proses impor ponsel memakan waktu hingga 23 hari.

"Nanti hanya perlu dokumen konfirmasi undertaking, nanti prosesnya jadi hanya dua hari saja sudah bisa masuk ke pasaran,"kata Rudiantara pada Kamis malam (31/8).

Tak hanya itu, Rudiantara menyatakan mulai tahun 2018 pemerintah akan menggunakan nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) sebagai identitas ponsel impor yang masuk.

Ia menyatakan, tak hanya ponsel yang akan dipangkas regulasi impornya, namun ada beberapa barang elektronik lainnya. Yakni komputer jijing, tablet dan mifi.

"Jadi masyarakat bisa menikmati perubahan teknologi dengan cepat, jangan sampai waktu banyak terbuang hanya di proses administrasi impor,"pungkasnya.


Reporter Ramadhani Prihatini
Editor Dessy Rosalina

TELEKOMUNIKASI

Feedback   ↑ x
Close [X]