kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saling dukung Grup Kawan Lama di offline dan online


Kamis, 08 Maret 2018 / 10:00 WIB
Saling dukung Grup Kawan Lama di offline dan online


Reporter: Markus Sumartomdjon | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Grup Kawan Lama  makin gencar mengoptimalkan lini bisnis online supaya bisa memaksimalkan ragam produk dan layanan grup perusahaan ini. Yakni lewat dua situs e-commerce Ruparupa.com dan KlikMRO.com.

Kedua situs belanja tersebut diharapkan bisa membantu penjualan produk dan layanan Grup Kawan Lama. Dari situs Ruparupa.com bisa berkontribusi bagi penjualan toko ritel yang dipunyai perusahan tersebut. Seperti Ace Hardware, Informa serta Toys Kingdom. Sedangkan di KlikMRO.com bisa memberi bantuan bagi perusahaan yang ingin membeli produk pertukangan atau kantor secara grosiran.

Menurut Budiono Darmawan, Chief of Marketing PT Omni Digitama Internusa, pengelola situs Ruparupa.com, pihaknya optimistis laju bisnis situs belanja tersebut bisa melonjak hingga 400% di akhir tahun ini. Ini berkaca dari hasil pertumbuhan bisnis di akhir tahun lalu yang tembus 300% dibandingkan 2016. Asal tahu saja, situs Ruparupa.com ini beroperasi di 2016. "Kami optimistis bisa mencapai target tersebut," katanya saat bertandang ke redaksi KONTAN, Rabu (7/3).

Untuk bisa mengejar target bisnis tersebut, pihaknya sudah menyiapkan langkah bisnis. Yang paling utama adalah mengoptimalkan omni channel yang menjadi ciri khas dari Ruparupa.com. Ini adalah jalur bisnis situs belanja tersebut yang memanfaatkan jaringan offline milik Kawan Lama dengan situs online dari Ruparupa.com.

Kalau ditotal, saat ini ada sekitar 450 gerai ritel milik Kawan Lama Group. Adapun sebagian besar adalah ada di Ace  Hardware (145 gerai), Informa  (69 gerai) dan Toys Kingdom (30 gerai) di sejumlah daerah. Nah, pihaknya bakal memanfaatkan jaringan ritel tersebut sebagai titik poin pemasaran ke sejumlah wilayah yang belum terjangkau. "Inilah kekuatan kami," tukasnya.

Secara perlahan, Budiono juga akan menambah jumlah barang yang dionlinekan di situs tersebut. Saat ini ada sekitar 35.000 barang dari total 150.000 barang grup Kawan Lama. Meski begitu, tidak semua barang bisa dijual secara online. "Semisal sekrup, masak dijual online," sahutnya.

Selain menjajakan produk Kawan Lama, situs ini juga menjual barang dari para merchant. Saat ini sudah ada 250 merek dari luar Kawan Lama yang dijual di situs itu. Sayang, Budiono tidak merinci target dari tambahan merchant tersebut hingga akhir tahun ini.

Yang jelas, untuk aksi bisnis tersebut pihaknya tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya besar karena memanfaatkan jaringan ritel yang dipunyai Kawan Lama.

Bila Ruparupa.com mengincar konsumen ritel, berbeda halnya dengan KlikMRO.com yang hanya menyasar pasar korporasi. Khususnya yang membutuhkan produk untuk pemeliharaan, perbaikan dan operasional di perusahaan serta tempat produksi. Ambil contoh perkakas pertukangan, bahan kimia, perlengkapan elektronik hingga perlengkapan perkantoran.

Christianto Hermawan, Head of Marketing PT eMaRO Online Indonesia, pengelola klikMRO.com berharap sepanjang tahun ini pihaknya bisa memperbanyak produk yang dijajakan. Bila ada tahun 2016 situs ini menjajakan 250 merek, tahun kemarin sudah tembus 600 merek. Dan tahun ini ia targetkan bisa mencapai 1.000 merek. "Perkembangan produk berdasarkan permintaan pasar," tandasnya.

Ia berharap dengan makin banyaknya merek dari ragam produk yang dijajakan bisa mendongkrak penjualan. Sayang, ia tidak merinci target yang dipatok sampai akhir tahun ini.

Reza Rinaldi Mardja, Public Relation Kawan Lama Retail belum bisa memastikan kontribusi bisnis online bagi pemasukan Grup Kawan Lama. Yang jelas, bisnis online Kawan Lama terus bertumbuh dari tahun ke tahun.             

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×