INDUSTRI
Berita
Siap-siap tarif sewa ritel di mall naik!

TARIF SEWA RITEL

Siap-siap tarif sewa ritel di mall naik!


Telah dibaca sebanyak 1356 kali
Siap-siap tarif sewa ritel di mall naik!

JAKARTA. Para pengusaha ritel atau eceran di pusat belanja di Jakarta kini harus siap-siap untuk mempersiapkan modal usaha lebih banyak. Pasalnya, pengelola gedung pusat belanja berniat untuk menaikkan tarif sewa tempat.

Kenaikan tarif sewa pusat belanja itu dimungkinkan terjadi, mengingat pasokan ruang ritel di pusat belanja menipis tahun 2014. Sementara, kebutuhan akan ruang usaha ritel terus bertambah. Setidaknya ini adalah proyeksi dari konsultan properti Colliers International Indonesia.

Ferry Salanto, Direktur Asosiasi Riset Colliers International menyatakan, penambahan ruang ritel tahun 2013 saja turun menjadi 200.000 m2 dari penambahan pasokan ruang ritel tahun 2012 sebesar 250.000 m2.

Begitu juga dengan tahun 2014, penambahan ruang ritel diproyeksikan hanya 60.000-70.000 m2, jauh di bawah penambahan ruang ritel tahun sebelumnya.

"Pasokan baru seluas 70.000 m2 tersebut, hampir 50% sudah di serap perrtel. Hanya tersisa setengahnya yang belum memiliki pra-komitmen ," tambah Ferry kepada wartawan, kemarin (9/10) di Jakarta.

Ferry menambahkan, pra komitmen peritel selama 2012-2014 terbilang cukup tinggi. Dimana tahun 2012 saja, penyerapan lahan yang akan dibangun itu sudah mencapai 90%, sedangkan tahun 2014 komitmen penyerapan lahan sudah mencapai 70%.

"Hal inilah yang menyebabkan harga sewa dan biaya gedung (service charge) naik signifikan, dengan persentase bisa di atas 20%," kata Ferry yakin.

Adapun peritel yang terbilang banyak menyerap pusat belanja di Jakarta selama 2012 adalah, peritel makanan dan minuman yang mendominasi sekitar  42%. Sisanya adalah peritel yang menjual aneka produk pakaian.

Editor: Asnil Bambani Amri
Telah dibaca sebanyak 1356 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Simak sektor mana saja yang prospektif!

    +

    Sejak awal tahun hingga 22 September 2014, saham-saham sektor perbankan memberikan return terbesar.

    Baca lebih detail..

  • Meramal gerak IHSG setelah rekor

    +

    Analis berbeda pendapat soal prospek kinerja IHSG ke depannya.

    Baca lebih detail..