kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sunpride lebarkan distribusi gandeng pedagang buah


Senin, 08 Januari 2018 / 15:30 WIB
Sunpride lebarkan distribusi gandeng pedagang buah


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen buah dan sayuran lokal, Sunpride, berencana untuk meningkatkan channel distribusi di General Trade dengan membina UMKM  dengan program Fruitprenour Sunpride. Tahun ini ditargetkan akan ada 5.000 tenda yang berdiri dari sebelumnya yang berkisar 1.800 tenda.

Pratiwi Sekarwangi, MT Specialist Retailer Development menjelaskan, Supride sedang fokus meningkatkan saluran distribusi direct to consumer (D2C). Program ini sudah dirancang sejak 2014.

Konsepnya adalah dengan menjual buah-buahan khusus produksi Sunpride dalam tenda-tenda. Karena itu, Sunpride pun mengajak pengusaha-pengusaha buah yang serius menjalankan bisnis ini atau dari yg belum berjualan buah agar dilatih menjadi pedagang buah yang andal.

Tidak seperti program kemitraan lainnya, Pratiwi mengatakan, pengusaha tidak perlu menyetorkan royalti kepada Sunpride. "Pengusaha hanya perlu operator untuk menjual, modal harian, serta bersedia mengikuti training selama satu minggu," ujar Pratiwi kepada Kontan.co.id, Senin (8/12).

Selanjutnya, Sunpride akan memberikan keuntungan bagi peserta yang sudah lolos training yaitu free goods (buah gratis) dan alat jual yakni tenda. Menurut Pratiwi, tenda binaan Sunpride membutuhkan modal minim namun, diproyeksi mendapatkan omzet tinggi.

Nantinya, pengusaha tersebut pun akan dibina oleh Sunpride, mulai dari penjualan buah yang benar serta bagaimana menyimpan produk-produk buah dengan baik.

Pratiwi mengatakan, channel exclusive ini akan dimonitor langsung dengan technology geotagging. Sunpride dapat memantau tenda tersebut lantaran koordinat tempatnya akan ditunjukkan secara detail.

Perusahaan ini berharap, program ini tidak hanya akan menguntungkan Sunpride tetapi juga memberikan kegunaan kepada masyarakat. "Semakin banyak channel distribusi akan semakin baik, tetapi intinya melalui program ini kami ingin berpartisipasi aktif dalam membentuk entrepreneur-entrepreneur baru dan membantu masyarakat Indonesia mendapatkan buah berkualitas dengan mudah," terang Pratiwi.

Sunpride pun menargetkan tenda ini akan mencapai 5000 unit di 2018. Untuk jangka panjang, program ini diharapkan dapat terus berkembang sehingga penjualan eksklusif ini tidak hanya dilakukan di tenda-tenda saja tetapi bisa dilakukan di toko buah yang khusus menjual buah merek Sunpride.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×