kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tokopedia dan Bekraf luncurkan Maker Fest untuk mendukung kreator lokal


Jumat, 16 Maret 2018 / 19:41 WIB
Tokopedia dan Bekraf luncurkan Maker Fest untuk mendukung kreator lokal
ILUSTRASI. Anak-anak di LPKA belajar bisnis online dari Tokopedia


Reporter: Annisa Heriyanti | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Resmi diluncurkan hari ini Maker Fest powered by Tokopedia bertujuan untuk memberdayakan kreator tanah air. Ini merupakan hasil kerjasama Tokopedia dengan Bekraf, Kominfo, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian dan JNE.

Melihat pertumbuhan kreator lokal yang semakin berkembang membuat Wiliam Tanuwijaya selaku Chairman Maker Fest 2018 tergerak untuk memajukan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Tanah Air ke level yang lebih tinggi. Bukan sekedar usaha kecil namun berkembang menjadi industri yang bisa bersaing di manca negara.

"Maker Fest ini dibuat dari hasil pengalaman pribadi dan kreator lokal tanah air", tukas William saat peluncuran maker fest di EV Hive D'Lab Jakarta. Maker Fest akan mulai direalisasikan sejak April - Desember 2018 di delapan kota yaitu Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Denpasar, dan Makassar.

Program ini hadir untuk mencari, mengedukasi, menginspirasi, bagaimana kreator asal Indonesia punya panggung bukan hanya di Tanah Air tapi juga mendunia. Akan ada workshop bersama dengan kreator lokal yang sukses dan mengenai tantangan serta solusi dalam mengembangkan suatu bisnis.

"IKM sangat menopang bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, kalau ga ada industri apa yang mau dijual? Orang Indonesia hebat dan pinter, mereka kreatif dan bisa bikin apa aja", tukas Gati Wibawaningsih, Dirjen Industri Kecil Menengah (16/3).

Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif mengatakan, target utama Maker Fest adalah anak muda karena milenial dianggap motor bagi pertumbuhan kreator lokal Indonesia, "Lebih dari 30 persen pengusaha ekonomi kreatif Indonesia adalah milenial, sebagai populasi terbesar anak muda Indonesia masih memiliki potensi besar" tambahnya.

Dengan jumlah merchant yang bergabung di Tokopedia yakni 2,7 juta, diharapkan UMKM bisa maju bukan hanya di pejualan online namun juga offline.

Disamping itu, Maker Fest menggandeng JNE untuk logistik, "JNE tertarik dengan hal ini karena kami memiliki jaringan di seluruh Indonesia dengan perbandingan konsumen 20% corporate, 80% ritel di mana didalamnya 50% adalah e-commerce," ujar M. feriadi, Presiden DIrektur JNE.

Bentuk dukungan yang diberikan setelah bekerjasama dengan Tokopedia, adalah bisa melakukan pembayaran di booth yang tersedia serta memberikan program gratis ongkos kirim untuk produsen yang akan mengirim barang.

Pada acara ini dari delapan kota yang diselenggarakan akan dipilih tiga pemain terbaik yang akan mengikuti Maker Fest 2018 yang merupakan puncak acara di Jakarta pada bulan Desember mendatang. Pemenang dari acara ini akan mendapat hadiah sebesar Rp. 1,5 miliar untuk modal pengembangan usaha, dukungan produksi, branding, kolaborasi secara ekslusif dengan tokoh kreatif, dan memiliki kesempatan pameran taraf internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×