kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Unisat siap luncurkan satelit pada 2020


Selasa, 28 Februari 2017 / 14:57 WIB
Unisat siap luncurkan satelit pada 2020


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Perusahaan penyedia layanan satelit telekomunikasi dan informasi, PT Universal Satelit Indonesia (Unisat) akan meluncurkan satelit komunikasi pada 2020. Rencana pastinya, satelit komunikasi itu akan diluncurkan pada slot orbit 103 BT (East Longitude).

Hal ini didasari atas kerja sama antara Unisat dengan Intersputnik pada 28 Februari 2017. Intersputnik merupakan pemilik slot orbit tersebut.

Widodo Mardijono, President Director PT Unisat menyatakan, kebutuhan layanan transmisi satelit di Indonesia terus mengalami peningkatan. Sementara kebutuhannya, hanya dapat dipenuhi sekitar 50% oleh penyedia layanan transmisi satelit dari dalam negeri. Sisanya disediakan oleh penyedia layanan asing.

Pihaknya juga sedang mengumpulkan informasi terkait dengan persiapan pengadaan satelit. Jika tidak ada aral melintang, pihaknya mulai melakukan proses pengadaan pada tahun ini. "September kami akan mulai pengadaan," ujar Widodo seusai penandatangan kerja sama dengan Intersputnik di Jakarta, Selasa (28/2).

Pihaknya akan mulai meminta opsi-opsi dari beberapa penyedia. Kemudian akan melihat mana yang memiliki total cost of ownership (TCO) yang rendah, namun tanpa menghilangkan kualitas. "Kami saat ini sudah meminta informasi kepada pabrikan," tambahnya.

Satelit yang mengorbit pada 103 BT memiliki posisi yang sangat baik dari perspektif geografis, Sebab, bisa melingkupi wilayah throughput Indonesia. Nantinya, posisi 103 BT berada pada posisi tegak di atas Padang dan Jambi yang bisa membuat sinyal satelit Unisat akan merata di seluruh negeri.

Selanjutnya, Widodo memaparkan bahwa slot orbit tersebut memiliki kapasitas throughput satelit. Artinya, satelit akan menawarkan broadband yang besar di lokasi yang sulit dan terpencil, seperti area perbatasan dan pulau terluar. Hal ini membuatnya mungkin sebab satelit tersebut memiliki intensitas tenaga yang besar.

Unisat adalah perusahaan yang bergerak dibidang layanan satelit di Indonesia. Perusahaan didukung oleh profesional dan akhir dibidang layanan satelit komunikasi dan solusi integrasi. Sementara, Intersputnik merupakan perusahaan global yang berbasis di Moscow, Rusia yang menyediakan layanan terintegrasi dalam semua aspek dari layanan satelit di dunia.

Intersputnik adalah sebuah perusahaan global yang menjalankan layanan terintegrasi dalam hal transmisi satelit komunikasi. Perusahaan memiliki banyak layanan satelit alternatif dengan menggunakan slot orbit mereka. Sehingga menyinergikan pengunaan oleh partner menjadi penyedia jasa layanan satelit di negara lain.

Intersputnik bekerja sama dengan Unisat sebagai perusahaan yang bergerak dibidang layanan satelit yang memiliki posisi penting dalam arena industri layanan satelit, khususnya Indonesia. Unisat memberikan layanan dan ketersediaan transponder untuk kebutuhan telekomunikasi, broadcasting, komunikasi data, dan layanan dalam sektor lain, seperti perikanan, transportasi, tambang, kehutanan dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×