kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

GAPMMI sebut kopi sachet masih dominasi pasar produk kopi


Senin, 23 September 2019 / 20:29 WIB
GAPMMI sebut kopi sachet masih dominasi pasar produk kopi


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Persaingan pasar untuk minuman kopi semakin ketat sering dengan masuknya berbagai varian segmen kopi baru seperti produk kopi dalam kemasan botol atau ready to drink (RTP). Meski demikian, segmen kopi baru tersebut dinilai masih belum bisa menggeser dominasi segmen kopi sachet di pasaran.

“Kalau sementara saya lihat masih sachet yang terbesar,“ jelas Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), Adhi Lukman kepada Kontan.co.id (23/9).

Popularitas kopi sachet didorong oleh banyaknya varian produk-produk kopi sachet yang ditawarkan oleh produsen. Adhi menjelaskan bahwa populasi masyarakat Indonesia masih didominasi oleh penduduk usia produktif dengan komposisi hampir mencapai 60% dari total penduduk.

Menurut Adhi, karakteristik pasar dari konsumen yang berada pada rentang usia produktif umumnya ditandai dengan kecenderungan untuk mengkonsumsi produk-produk baru. 

Baca Juga: Ekspor kopi kemasan berpeluang menguat setiap tahunnya

Oleh karenanya, produk kopi kemasan yang memiliki banyak varian dan produk baru dinilai memiliki keunggulan dalam menarik segmentasi pasar pada rentang usia tersebut.

Selain itu, Adhi menambahkan bahwa kopi sachet juga memiliki keunggulan lain dari segi harga. Dibanding segmen produk kopi lain, kopi sachet umumnya dipatok dengan harga yang lebih murah lantaran memiliki biaya produksi yang lebih rendah bila dibandingkan dengan segmen produk kopi lainnya.

Namun demikian, Adhi juga mengingatkan bahwa ke depannya ke depannya persaingan bisnis di pasar kopi sachet akan semakin berat.

Menurut penjelasan Adhi, populasi penduduk Indonesia memiliki pertumbuhan yang cukup tinggi dengan rata-rata pertumbuhan mencapai tiga hingga empat juta penduduk setiap tahunnya. 

Baca Juga: AEKI: Pertumbuhan bisnis kopi kemasan di tingkat lokal berjalan lamban tahun ini

Pertumbuhan penduduk tersebut menyebabkan pasar kopi sachet yang terdiri atas 60% dari jumlah penduduk menjadi semakin besar sehingga membuat pasar kopi sachet menjadi semakin menarik di mata pelaku industri.

Dalam kondisi yang demikian, inovasi dalam mengeluarkan produk-produk baru dinilai menjadi kunci utama untuk bertahan di tengah persaingan tersebut. Rata-rata industri makanan minuman yang tumbuh dengan baik itu kalau produsennya inovasinya cukup cepat dengan berbagai varian dan formula baru,“ jelas Adhi 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×