kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,33   -7,16   -0.78%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lelang online sekaligus berdonasi melalui aplikasi Youb.id


Selasa, 17 Desember 2019 / 21:49 WIB
Lelang online sekaligus berdonasi melalui aplikasi Youb.id
ILUSTRASI. Lelang online sekaligus berdonasi melalui aplikasi Youb.id


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform perdagangan online atau akrab dikenal e-commerce termasuk industri digital yang kini tengah berkembang pesat di Indonesia. Fakta tersebut tentunya mendorong semakin maraknya situs berbasis ekonomi juga turut berkembang pesat.

Tak terkecuali juga pelaku ekonomi digital yang berbasiskan socioentrepenuer atau penggabungan antara aktivitas ekonomi yang berdampak sosial.

Salah satu yang bergerak di segmen tersebut ialah Youb.id. Youb.id merupakan platform digital ekonomi dengan aktivitas lelang online customer to customer (C2C) yang menawarkan konsep keamanan dan kenyamanan dan juga donasi sosial.

Di dalam situs ini, konsumen akan mendapatkan pengalaman lelang beragam kategori barang, seperti ‘Pakaian dan Aksesoris Wanita dan Pria', ‘Elektronik', ‘Handphone dan Tablet', ‘Collector’s Item, ‘Otomotif', dan sebagainya.

Baca Juga: Jelang Harbolnas 2019, ini optimisme konsumen Indonesia

Platform yang dikembangkan sejak 2018 PT Tria Ventura ini memiliki sistem yang membuat lelang maupun donasi berlangsung aman tanpa celah kecurangan, penipuan, serta pengguna fiktif atau  penawaran fiktif.

Di Youb.id, membernya dapat melakukan kegiatan lelang secara aktif, baik sebagai pelelang (seller) maupun sebagai penawar (bidder) dan pembeli (buyer).

Viar Hendiar, Chief Executive Officer (CEO) Youb.id menuturkan platform yang sudah tersaji dalam aplikasi dan website ini baru akan meresmikan peluncuran di tahun 2020. Meski belum luncur secara besar-besaran namun perkembangan sudah terlihat di Youb.id.

"Kita aman dalam proses transaksi, jadi seller nggak bisa cair kalau buyer belum confirm barang sesuai. Dan buyer bisa klaim lagi kalau barang tidak sesuai, keamanan kita utamakan," ujar Viar.

Ada sekitar 500 user di Youb.id dimana user dapat menjadi seller maupun buyer. Saat KONTAN berkesempatan wawancara dengan Viar, Ia menjelaskan saat ini ada 50-100 seller yang sedang tawarkan pelelangan online.

Baca Juga: Penjualan wafer Tango terdongkrak Viya, influencer kondang China

"Lelang itukan ada jangka waktunya kadang kayak sekarang seller ada aktif tawarkan lelang 50-100 tapi bisa juga ke depan sampai ratusan," jelas Viar kepada Kontan.co.id.

Keunggulan dari Youb.id sekaligus pembeda dibanding platform sejenis lainnya ialah fitur donasi atau Fundraising. Pengguna Youb.id dapat membuka penggalangan dana dengan sistem lelang.




TERBARU

[X]
×