kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.915.000   44.000   2,35%
  • USD/IDR 16.400   -20,00   -0,12%
  • IDX 7.142   47,86   0,67%
  • KOMPAS100 1.041   10,44   1,01%
  • LQ45 812   9,62   1,20%
  • ISSI 224   0,88   0,39%
  • IDX30 424   4,46   1,06%
  • IDXHIDIV20 504   1,88   0,37%
  • IDX80 117   1,34   1,15%
  • IDXV30 119   0,16   0,14%
  • IDXQ30 139   1,43   1,04%

200.000 ton gula RNI tak laku dijual, kenapa?


Minggu, 12 Oktober 2014 / 21:12 WIB
200.000 ton gula RNI tak laku dijual, kenapa?
ILUSTRASI. TAJUK - Titis Nurdiana


Reporter: Handoyo | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Membanjirnya peredaran gula rafinasi dipasar konsumsi membuat harga lelang si pemanis tersebut anjlok dan bahkan tidak laku lagi. Akibatnya, stok gula yang berada di produsen gula menumpuk di gudang-gudang penyimpanan.

Ismed Hasan Putro, Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) mengatakan, hingga saat ini setidaknya ada 200.000 ton gula kristal putih (GKP) produksi RNI yang tidak laku dijual. Jumlah tersebut diproyeksi akan terus bertambah seiring dengan musim guling tebu yang diproyeksi akan selesai pada November mendatang.

Akibat kondisi ini, Ismed khawatir pendapatan perusahaan akan terpengaruh. "Pendapatan hancur, 60% pendapatan RNI berasal dari gula. Beruntung RNI memiliki alur bisnis yang lain," kata Ismed, Minggu (12/10).

Pada tahun ini lelang gula RNI jauh dari yang diharapkan. Sempat menyentuh Rp 8.500 per kilogram (kg), harga lelang gula kemudian terus melandapi ke harga Rp 7.900 per kg. Bahkan, beberapa kali lelang sempat dibatalkan lantaran tidak ada yang membeli.

RNI sendiri menargetkan produksi gula sebanyak 160.000 ton. Target ini naik 6,66% ketimbang realisasi produksi gula RNI tahun lalu yang sebesar 150.000 ton. Sementara itu, untuk pendapatannya RNI menargetkan Rp 450 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×