kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

3 kiat agar tagihan listrik prabayar tak boros


Selasa, 21 Februari 2017 / 17:56 WIB
3 kiat agar tagihan listrik prabayar tak boros

Reporter: Sanny Cicilia | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Listrik prabayar atau listrik pintar memang sekarang semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Selain itu, penggunaan listrik ini adalah cara tepat untuk menghemat pengeluaran. Kelebihannya sudah pasti kita dapat mengendalikannya sesuai dengan kebutuhan.

Sistem dari listrik prabayar dianggap begitu membantu masyarakat agar bisa menghemat pengeluaran. Ada berbagai macam keuntungan dan kelebihan yang ditawarkan. Sistem ini akan memberi kemudahan penghuni agar bisa mengendalikan penggunaan listriknya sendiri.


Anda bisa mengontrol penggunaan listrik yang dapat disesuaikan dengan pulsa yang Anda beli setiap bulannya. Kelebihan lain yang dimiliki oleh listrik ini ialah pemilik rumah tidak perlu cemas dengan adanya biaya keterlambatan yang akan menghantui, selain itu pengguna juga tidak perlu cemas tentang harga voucer karena harganya begitu bervariasi.

 

Perbedaan listrik prabayar

Ada berbagai macam hal yang bisa membedakan listrik prabayar ini dengan pasca bayar seperti ketersediaan listrik yang tiada batas setiap bulannya. Tetapi Anda harus benar-benar jeli membandingkan berapa besar biaya pembayaran setiap bulan dari struk tagihan.

Terkadang hasilnya akan berbeda. Jika terdapat silisih, Anda harus melapokan ke loket PLN agar kelebihan yang Anda bayar bisa masuk ke pembayaran yang berikutnya. Tetapi dibalik kelebihan dari listrik prabayar, ada beberapa kekurangan yang bisa memicu pemborosan seperti biaya tambahan yang dikenakan ke konsumen.

Cara hindari borosnya listrik prabayar

1.            Pilih daya yang sesuai dengan kebutuhan

Bila beda daya listrik akan beda juga harga per kWh listrik. Untuk golongan 900 VA, mereka masih memperoleh subsidi dari pemerintah karena digunakan untuk masyarakat yang kurang mampu.

2.            Gunakan LED

Lampu yang berjenis LED mempunyai keunggulan, ia lebih hemat energi serta lebih terang. Penggunaan lampu ini bisa meminimalisir besarnya ongkos pulsa listrik.

3.            Gunakan banyak ventilasi di rumah

Sekarang ini kondisi cuaca sedang tidak menentu. Kita siang hari panas matahari sedang menyengat, pasti Anda langsung menghidupkan kipas angin atau AC dengan suhu yang sangat dingin. Tahukah Anda jika penggunaan listrik seperti ini bisa memicu pembayaran listrik yang begitu besar.

Rumahku.com




TERBARU

Close [X]
×