kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.013,51   -2,48   -0.24%
  • EMAS932.000 0,22%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

37 Kapal Angkut Batubara dari 21 Perusahaan Siap Berangkat Ekspor


Kamis, 13 Januari 2022 / 15:00 WIB
 37 Kapal Angkut Batubara dari 21 Perusahaan Siap Berangkat Ekspor
ILUSTRASI. Kapal tongkang pengangkut batu bara. ANTARA FOTO/Makna Zaezar/rwa.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah telah memastikan ada 37 kapal siap muat batubara yang akan mulai berangkat untuk ekspor ke sejumlah negara tujuan.

Berdasarkan data yang diperoleh Kontan, tercatat 37 kapal ini mengangkut batubara dari sejumlah perusahaan seperti PT Kideco Jaya Agung, PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Ganda Alam Makmur (GAM), PT Bayan Resources, Bara Tabang serta Gunung Bara Utama.

Selain itu ada juga yang berasal dari Tambang Damai, Multi Harapan Utama, Tanjung Bersinar Cemerlang dan Bina Insan Sukses Mandiri. Selanjutnya, dari perusahaan Sumber Berlian Mahakam, Dipo Resources Indonesia, Mahakam Sumber Daya serta Adimitra Baratama Nusantara.

Baca Juga: Realisasi DMO Batubara Tahun 2021 Mencapai 133 Juta Ton

Kapal-kapal yang bakal berangkat juga mengangkut batubara dari Sumber Global Energy, Borneo Indobara, Suprabari Mappindo Mineral, Adaro Indonesia, Marunda Graha Mineral, Nantoy Bara Lestari dan Tri Sapta Sejahtera. Total batubara yang bakal diekspor mencapai 5,72 juta ton.

Sebelumnya, Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mengungkapkan, dalam rapat kordinasi lintas kementerian telah diputuskan ada 37 kapal yang telah terisi batubara akan siap berangkat untuk ekspor pada Rabu (12/1) malam.

"37 kapal yang sudah diisi dan (penuhi) domestic market obligation (DMO) batubara serta siap ekspor kita rilis malam ini," tegas Luhut ditemui di Kantornya, Rabu (12/1).

Merujuk data yang ada, sejumlah negara yang jadi tujuan ekspor dari 37 kapal ini adalah Thailand, China, Bangladesh, Korea Selatan, Singapura, Jepang, Filipina, India, Vietnam, dan Hongkong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×