kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.560.000   -8.000   -0,51%
  • USD/IDR 16.275   10,00   0,06%
  • IDX 6.957   -60,21   -0,86%
  • KOMPAS100 1.029   -10,26   -0,99%
  • LQ45 801   -9,74   -1,20%
  • ISSI 211   -1,07   -0,51%
  • IDX30 411   -4,25   -1,02%
  • IDXHIDIV20 490   -6,86   -1,38%
  • IDX80 118   -1,07   -0,90%
  • IDXV30 122   -1,31   -1,07%
  • IDXQ30 136   -1,57   -1,14%

Acer Indonesia Optimistis Penjualan Laptop Meningkat, Ini Strateginya


Selasa, 14 Januari 2025 / 08:59 WIB
Acer Indonesia Optimistis Penjualan Laptop Meningkat, Ini Strateginya
ILUSTRASI. Acer Indonesia menerapkan sejumlah strategi untuk kerek penjualan laptop di tahun ini


Reporter: Leni Wandira | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Acer Indonesia optimistis menghadapi tahun 2025 dengan proyeksi penjualan laptop yang akan terus meningkat, seiring dengan tren permintaan perangkat teknologi yang semakin tinggi di berbagai sektor. 

Riko Gunawan, Products & Solutions Director Acer Indonesia, menjelaskan bahwa permintaan laptop dipicu oleh perkembangan pesat dalam sektor pendidikan, pemerintahan, serta tren kerja hybrid dan content creation yang berkembang di masyarakat.

Acer melihat prospek yang positif untuk industri elektronik, khususnya laptop, di tahun ini. Peningkatan kebutuhan perangkat teknologi di sektor-sektor seperti pendidikan, pemerintahan, dan korporasi menjadi pendorong utama. 

"Tren kerja hybrid, digitalisasi pendidikan, serta kebutuhan perangkat canggih di sektor korporasi dan pemerintahan akan terus berkembang, menciptakan peluang besar bagi Acer untuk hadir dengan produk yang relevan dan inovatif,” ujar Riko kepada KONTAN, Selasa (13/1).

Riko mengungkapkan bahwa pasar laptop di Indonesia mengalami pertumbuhan stabil dalam beberapa tahun terakhir, dan diharapkan tren ini akan terus berlanjut. 

Baca Juga: Acer Indonesia Siap Luncurkan 3 Laptop Baru di Kuartal 1-2025, Promo Menarik Menanti

"Kami optimistis bahwa sektor pendidikan dan pemerintahan akan terus menjadi pendorong utama. Kebutuhan akan perangkat teknologi untuk mendukung produktivitas dan transformasi digital akan terus meningkat di masa depan," katanya.

Untuk menjawab kebutuhan pasar yang terus berkembang, Acer akan meluncurkan sejumlah produk baru sepanjang tahun ini. Di antaranya, produk-produk yang diperkenalkan di ajang CES 2025 di Las Vegas. 

"Kami terus mengembangkan produk berdasarkan riset pasar dan masukan pelanggan. Produk baru kami akan dilengkapi dengan teknologi terkini untuk memenuhi beragam kebutuhan, baik untuk konsumen individu maupun bisnis," ungkap Riko.

Acer menerapkan strategi untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan kanal penjualan online dan offline secara optimal. Mereka juga memperkuat kemitraan dengan sektor pendidikan, pemerintahan, dan korporasi. 

Salah satu langkah utama adalah kampanye #WorryFreeBeHappy yang diluncurkan pada Januari 2025, yang mengedepankan pengalaman pelanggan yang menyeluruh. "Kami ingin memastikan setiap pelanggan mendapatkan produk inovatif, layanan purna jual terpercaya, serta penawaran menarik yang membuat mereka lebih dekat dengan Acer," kata Riko.

Beberapa penawaran menarik dalam kampanye ini antara lain:

  • Gratis portable monitor senilai Rp 5 juta untuk pembelian laptop Swift Copilot+ PC.
  • Konsol genggam Nitro Blaze gratis untuk setiap pembelian laptop atau desktop gaming Predator.
  • Harga spesial untuk laptop gaming Nitro Lite mulai dari Rp 12.999.000.
  • Cashback Rp 1 juta untuk pembelian laptop gaming Nitro V16 dengan prosesor Intel® Core™ i7 HX series RTX4050.

Riko juga mengakui tantangan besar yang dihadapi Acer, terutama dengan persaingan ketat dari merek global dan lokal. Untuk itu, Acer fokus pada inovasi produk dan fitur unggulan. "Laptop seperti Acer Swift Lite 14 Air Edition yang super ringan dan Acer TravelMate P614 AI yang tahan banting untuk penggunaan bisnis akan membantu kami tetap unggul di pasar," tuturnya.

Baca Juga: Acer Mengumumkan Hadirnya Laptop Gaming Predator Helios AI

Acer tidak hanya fokus pada pasar laptop, tetapi juga merambah ke sektor baru, yaitu peralatan rumah tangga melalui lini bisnis Acerpure. "Acerpure, yang telah hadir di lebih dari 20 negara, menawarkan produk mulai dari air purifier hingga air fryer. Ini merupakan langkah penting untuk menjadikan Acer sebagai mitra teknologi terpercaya bagi kebutuhan pelanggan Indonesia," ujar Riko.

Strategi Meningkatkan TKDN

Terkait dengan kebijakan pemerintah mengenai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), Acer terus berupaya meningkatkan kandungan lokal produk-produknya. 

"Kami sudah memenuhi ambang batas TKDN dengan Chromebook Acer yang mencapai 41%, Acer TravelMate P414 yang mencapai 43,88%, serta desktop Acer Veriton M yang mencapai 43,50%. Kami berkomitmen untuk terus mendukung kebijakan lokal dan berkontribusi pada pertumbuhan industri nasional," pungkasnya.

Selanjutnya: Berpotensi Hujan Ringan, Berikut Prakiraan Cuaca Maluku Selasa (14/1) & Rabu (15/1)

Menarik Dibaca: Ini Tren Desain Rumah ala Pinterest di 2025

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Bond Voyage Mastering Strategic Management for Business Development

[X]
×