kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.011,48   2,44   0.24%
  • EMAS945.000 0,32%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Ada Banyak Mobil Baru di GIIAS 2022, Apa Saja? Ini Bocorannya


Senin, 08 Agustus 2022 / 05:25 WIB
Ada Banyak Mobil Baru di GIIAS 2022, Apa Saja? Ini Bocorannya
ILUSTRASI. Mulai 11 hingga 21 Agustus 2022, pameran GIIAS 2022 akan kembali bergulir di ICE BSD City. Tribunnews/Jeprima


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mulai 11 hingga 21 Agustus 2022, pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 akan kembali bergulir di ICE BSD City, Tangerang, Banten. 

Seperti biasa, pameran ini akan berisi tentang kehadiran produk-produk baru, termasuk peluncuran global premier, hingga pengenalan teknologi canggih yang ditawarkan oleh sejumlah merek otomotif. 

Sebelum pameran dimulai pada pertengahan pekan ini, berikut bocoran mobil baru yang kabarnya bakal meluncur di GIIAS 2022. 

Toyota 

PT Toyota Astra Motor memastikan bakal membawa tiga brand pada pameran di Tangerang. Merek Jepang ini bakal menempati salah satu booth terbesar seluas 3.000 meter persegi. 

Di sana bakal tersaji jajaran produk Toyota, Gazoo Racing, dan Lexus, serta beragam sajian teknologi canggih dari berbagai segmen kendaraan. Pada pameran kali ini, kabarnya Toyota bakal meluncurkan mobil listrik bZ4x yang akan menjadi kendaraan resmi KTT G20 di Bali. 

Baca Juga: Cek Harga Mobil Hyundai Stargazer per Agustus 2022, MPV Ciamik dengan 6 Pilihan

Selain itu, produk yang dinanti-nanti berikutnya adalah Innova hybrid. MPV ini kabarnya akan dapat ubahan besar, di antaranya menggunakan platform TNGA dan sistem penggerak FWD. Kemudian produk baru Toyota selanjutnya adalah mobil sport GR 86. 

Sebelumnya sudah santer diberitakan bahwa mobil ini siap meluncur tahun 2022. 

Suzuki 

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tengah bersiap merilis produk terbarunya. Selain S-Presso yang sudah dikabarkan meluncur, Baleno terbaru kabarnya juga akan melantai di GIIAS 2022. Hal ini ditandai dengan teaser yang ditampilkan Suzuki via akun instagram resminya, @suzuki_id pada Kamis (28/7/2021). 

Dalam gambar tersebut nampak siluet desain bodi mobil hatchback yang diduga kuat merupakan Suzuki Baleno, dengan disematkan teaser “The New Flow Is Coming”. 

Pada postingan itu juga disertakan tanggal 11.8.2022 yang merupakan tanggal pembukaan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. 

Baca Juga: Ini Dia Harga Mobil Bekas Toyota Agya Facelift, Makin Ramah Dompet per Agustus 2022

Hyundai 

Hyundai bakal meluncurkan Hyundai Stargazer kepada konsumen di GIIAS 2022. Meski sudah terungkap ke pubik dan dijajal oleh para jurnalis, Hyundai Stargazer sebenarnya belum diluncurkan secara resmi. 

GIIAS 2022 juga menjadi momentum oleh Hyundai untuk secara resmi membuka keran penjualan MPV baru pesaing Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. 

Selain itu, Hyundai bakal memerkan Palisade terbaru berikut jajaran mobil listriknya yang disiapkan buat konsumen Indonesia. 

KIA 

KIA dipastikan akan menghadirkan Carens terbaru di Indonesia menjelang GIIAS 2022. MPV berbasis dari KIA Seltos itu pertama kali tampil publik menjelang Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2022 sebagai display. 

Prediksi lainnya mencakup dua SUV KIA, yakni Sorento berteknologi hybrid dan Sportage yang sempat menjadi kejutan menjelang JAW 2022. 

Tak hanya meluncurkan mobil baru, pada ajang GIIAS, KIA juga akan memperkenalkan mobil elektrifikasi pertama di pasar otomotif Tanah Air. Bisa jadi mobil listrik yang dipamerkan adalah KIA Niro EV dan KIA EV6 yang sudah meluncur di pasar global. 

Jika keduanya diluncurkan di Indonesia, bisa menjadi rival terberat dari Hyundai Ioniq 5. 

Baca Juga: Mobil LCGC Diimbau Tidak Pakai Pertalite, Ini Alasannya

Honda 

Kuat dugaan PT Honda Prospect Motor bakal meluncurkan Honda WR-V, SUV berbasis Honda Jazz yang dijual di India. Jika dilihat secara desain, bentuknya mirip dengan SUV RS Concept yang kerap dipamerkan di berbagai event. 

Kalau memang benar WR-V ini akan masuk di Indonesia, kemungkinan akan berada di SUV Segmen B. Pada segmen tersebut, mobil baru ini akan bertemu dengan SUV mesin 1.500 cc seperti Hyundai Creta maupun duo Toyota Rush dan Daihatsu Terios. 

Menariknya, proporsi bodi WR-V yang relatif kompak juga bisa mengganggu segmen Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang bermain di SUV Segmen A dengan mesin lebih kecil. 

BMW 

Dalam waktu dekat BMW juga akan meluncurkan mobil listrik terbaru, untuk menambah pilihan di Indonesia. Mobil tersebut adalah BMW iX dan i4. BMW Group Indonesia sebenarnya sudah cukup lama membuka pemesanan untuk kedua mobil listrik tersebut. 

Bahkan, i4 dan iX juga ditampilkan pada situs resmi BMW Indonesia. BMW bisa dikatakan sebagai pionir dalam memasarkan mobil listrik di Indonesia. 

Sebelumnya, pabrikan asal Jerman ini sudah menghadirkan i3. Sayangnya, mobil ramah lingkungan tersebut sudah tidak diproduksi lagi. 

Subaru 

APM Subaru kembali lagi di GIIAS 2022 setelah absen lama. Kali ini Subaru bakal ikut meramaikan peluncuran mobil-mobil baru. 

Setelah kehadiran Forester, Subaru tengah bersiap meluncurkan SUV andalannya lagi. Dugaan kuat bahwa mobil tersebut adalah Subaru XV. Di samping itu, Subaru dirumorkan juga menyiapkan mobil sport terbaru BRZ. 

Kehadiran mobil ini tampaknya bakal bersamaan dengan GR 86 dari Toyota. 

Baca Juga: Lonjakan Harga Energi, Baja dan Mobil Mendongkrak Laba Top Empat Trading House Jepang

Mitsubishi 

Ubahan terbaru atau facelift dari Mitsubishi Xpander Cross direncanakan bakal meluncur pada GIIAS 2022. Apalagi sejak peluncuran Xpander facelift pada tahun lalu, tinggal Xpander Cross saja yang belum mendapat tampilan muka baru. 

Bocoran desain terbaru model tersebut sebetulnya sudah terendus sejak terdaftar dalam salah satu dokumen Kementerian Hukum dan Hak Asasi manusia (Kemenkumham) yang dipatenkan sejak 17 Desember 2021. 

Di sana terlihat gambar paten sebuah model yang diduga Xpander facelift. Kemudian, terpampang jelas bagian eksterior mobil dengan ubahan yang cukup masif pada tampang depannya yaitu grill, bumper, serta desain lampu. 

Nissan 

Tak mau kalah dengan agen pemegang merek (APM) lain, PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) siap mengenalkan produk barunya dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. 

Melihat dari media sosial resmi milik Nissan Indonesia, siluet dari produk baru tampil dengan visual bodi yang bongsor. Bisa dipastikan model tersebut bergenre sport utility vehicle (SUV). Nissan Terra bukan barang baru di Indonesia. 

Sebelumnya SUV bongsor ini sudah pernah mencicipi persaingan dengan para rivalnya di segmen SUV bongsor bermesin diesel, seperti Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Bocoran Mobil Baru di GIIAS 2022, Ada Apa Saja?"
Penulis : Dio Dananjaya
Editor : Azwar Ferdian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×