kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada Kajian Diskon Tarif Tol Saat Libur Akhir Tahun, Ini Kata Jasa Marga


Sabtu, 18 November 2023 / 22:37 WIB
Ada Kajian Diskon Tarif Tol Saat Libur Akhir Tahun, Ini Kata Jasa Marga
ILUSTRASI. Penerapan diskon tarif tol pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 bakal dikaji oleh pemerintah.


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penerapan diskon tarif tol pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 bakal dikaji oleh pemerintah. Juru bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra Atmawidjaja mengatakan, diskon tarif tol dinilai mampu menyebar kepadatan lalu lintas, khususnya pada momentum libur nasional.

"Kalau diskon tarif tol kan dipakai untuk men-spread traffic, supaya dia bagian dari traffic management. Kalau untuk Lebaran kan bagus, sekarang kita harus trial lagi nanti," ujar Endra, Selasa (14/11).

Menanggapi hal ini, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, keputusan diskon tarif tol merupakan kewenangan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Tetapi dia berpendapat, penerapan diskon tarif tol pada masa arus mudik dilakukan untuk mendistribusikan lalu lintas.

"Balik lagi apa yang telah terjadi pada Lebaran. Pada Lebaran, diskon itu dilakukan untuk pendistribusian lalu lintas. Kita lihat evaluasinya, mana titik-titik yang rasanya akan menjadi puncak, bahkan mungkin dengan rekayasa lalu lintas sekalipun tidak menampung," kata Lisye dalam media gathering, Kamis (16/11).

Baca Juga: Mobilitas Masyarakat Dorong Kinerja Emiten Jalan Tol hingga Akhir Tahun 2023

Menurut Lisye, pengalaman tersebut bisa menjadi salah satu strategi penerapan diskon tarif tol pada masa libur Natal dan Tahun Baru ini. Berdasarkan informasi dari rapat dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), arus kendaraan pada libur akhir tahun kali ini akan mirip seperti mudik Lebaran 2023.

"Walau secara total pergerakan tidak sehebat Lebaran, tapi pergerakan tahun ini akan lebih tinggi dibanding pergerakan Natal dan Tahun Baru tahun lalu," imbuh dia.

Karenanya, Jasa Marga bersama para pemangku kepentingan akan melakukan sejumlah rencana operasi untuk mengantisipasi kepadatan tersebut. Jika pada arus mudik Lebaran mayoritas kendaraan bergerak keluar Jakarta ke arah Timur, Tol Trans-Jawa, Bogor, dan Pelabuhan Merak, pada libur akhir tahun ini Jasa Marga turut mengantisipasi kepadatan di lokasi wisata.

"Jadi pasti di titik-titik yang diperkirakan akan ada lonjakan lalu lintas itu kami upayakan. Pakem-pakemnya sama, kita ada standar," tandas Lisye.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ini Kata Jasa Marga Soal Diskon Tarif Tol saat Libur Akhir Tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×