kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada pandemi, penjualan Siantar Top (STTP) masih naik 8,6% di semester I 2020


Jumat, 10 Juli 2020 / 17:06 WIB
Ada pandemi, penjualan Siantar Top (STTP) masih naik 8,6% di semester I 2020
ILUSTRASI. Walau ada pandemi corona, Siantar Top (STTP) masih membukukan pertumbuhan penjualan 8,6% di semester I 2020.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja PT Siantar Top Tbk masih melaju di tengah mewabahnya pandemi corona (covid-19). Pada sepanjang Januari - Juni 2020 lalu, emiten berkode saham STTP tersebut memproyeksikan masih mampu mencatatkan pertumbuhan penjualan meski hanya satu digit dibanding periode sama tahun lalu.

“Semester I 2020 total kami masih tumbuh 8,6% kalau dibanding semester I tahun lalu,” kata Direktur STTP Armin saat dihubungi Kontan.co.id, Jumat (10/7).

Sebagai gambaran, produsen camilan Mie Gemez ini membukukan penjualan neto sebesar Rp 1,65 triliun pada semester I tahun 2019 lalu. Dus, hitungan Kontan.co.id, maka penjualan neto STTP diperkirakan mencapai kurang lebih Rp 1,79 triliun di sepanjang semester I 2020 lalu.

Baca Juga: Kinerja Siantar Top (STTP) di kuartal I mantap, laba bersih naik 29%

Armin bilang, pertumbuhan penjualan neto pada semester I 2020 didapat di tengah kondisi bisnis yang menantang. Menurutnya aktivitas industri dan perekonomian yang menurun baik di Indonesia maupun berbagai belahan dunia menyebabkan pelemahan ekonomi, baik di tingkat nasional maupun global. Hal ini pada gilirannya membuat daya beli konsumen melemah sehingga gairah pasar domestik dan ekspor pun menjadi tidak sebesar biasanya.

Beruntung, kondisi pasar yang melesu dapat disiasati oleh STTP. Untuk menjaga kinerja penjualan di mancanegara misalnya, STTP telah bekerja sama dengan mitra distributor di berbagai negara tujuan ekspor yang ada untuk mengembangkan jangkaun jaringan pemasaran dan penjualan produk-produk STTP.

Langkah ini terutama dilakukan di beberapa negara tujuan ekspor yang memiliki pasar cukup luas secara geografis seperti misalnya China ataupun negara-negara lainnya. Dengan adanya upaya ini, jangkauan pemasaran dan penjualan produk-produk STTP di negara tujuan ekspor  sudah menjadi lebih luas bila dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya.

Alhasil, penjualan ekspor STTP masih mengalami pertumbuhan secara tahunan alias year-on-year (yoy) bila dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Dalam capaian tersebut, penjualan ekspor ke Korea Selatan, Taiwan, dan Vietnam masih mendominasi total penjualan ekspor STTP.

Penjualan di pasar domestik juga tidak luput dari perhatian STTP. Untuk menjaga kinerja penjualan lokal yang kokoh, STTP terus berupaya melakukan pemerataan distribusi dan ketersediaan stok produk-produk perusahaan pada setiap depo dan stock point yang ada.

Baca Juga: Ada pandemi Covid-19, Siantar Top (STTP) optimistis target di kuartal I tercapai




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×