kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45951,52   -1,28   -0.13%
  • EMAS1.014.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Ada Pembangunan IKN, Astra Akan Optimalkan Pelabuhan Penajam Banua Taka


Minggu, 17 April 2022 / 13:05 WIB
Ada Pembangunan IKN, Astra Akan Optimalkan Pelabuhan Penajam Banua Taka
ILUSTRASI. Astra siap mendukung pembangunan IKN di Kaltim, termasuk mengoptimalkan Pelabuhan Penajam Banua Taka untuk kebutuhan IKN.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra International Tbk (ASII) melalui PT Astra Infra turut mengelola Pelabuhan Penajam Banua Taka yang berlokasi di kawasan Selat Malaka, Kalimantan Timur. Pihak Astra pun siap memaksimalkan pelabuhan ini seiring proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Sebagai informasi, pelabuhan ini juga dikenal dengan nama Astra Infra Port – Eastkal yang berfungsi sebagai shore base untuk industri minyak dan gas, industri pertambangan, dan grup bisnis Astra. Pelabuhan tersebut dibangun pada tahun 2005 lalu dan beroperasi sejak 2010, sebelum akhirnya diakuisisi oleh Astra Group pada tahun 2013.

CEO Group Bisnis Infrastruktur Logistik Astra Infra Billy Perkasa menyampaikan, pihaknya siap mendukung pembangunan IKN di Kaltim, termasuk mengoptimalkan Pelabuhan Penajam Banua Taka untuk kebutuhan IKN. Sampai saat ini, belum ada informasi terkait rencana Astra Group untuk pengembangan lebih lanjut pelabuhan tersebut.

Baca Juga: Jokowi: Yang Namanya Pembangunan Infrastruktur, Multiplier Effect-nya Kemana-mana

“Jika dibutuhkan investasi tambahan, kami akan melakukan evaluasi feasibility tambahan investasi tersebut secara bijaksana,” ujar dia, Sabtu (16/4).

Lokasi Pelabuhan Penajam Banua Taka tergolong strategis karena hanya berjarak 7 kilometer dari Balikpapan serta dekat dengan jalur pelayaran internasional dan pedalaman Kalimantan Timur.

Pelabuhan ini menawarkan berbagai fasilitas seperti pergudangan, lahan terbuka, bengkel perbaikan, dan perakitan. Pelabuhan ini juga mampu menampung kapal hingga 10.000 dead weight tonnage (DWT).

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Rp 30 Triliun dari APBN Tahun Depan untuk Pembangunan IKN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Outlook 2023, Saham Hoki di Tahun Kelinci

[X]
×